Gandeng Swasta, Menteri Erick Thohir Tingkatkan Pengadaan Alkes

Jum'at, 24 April 2020 - 20:06 WIB
loading...
Gandeng Swasta, Menteri Erick Thohir Tingkatkan Pengadaan Alkes
Menteri Erick Thohir juga mengatakan, penyusunan roadmap yang direncanakan ini merupakan wujud sinergi antara BUMN dan swasta sehingga ekosistem bisnis di industri ini sehat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal terus meningkatkan pengadaan alat kesehatan bagi tenaga medis dalam memitigasi virus corona (Covid-19). Menteri Erick Thohir juga mengatakan, penyusunan roadmap yang direncanakan ini merupakan wujud sinergi antara BUMN dan swasta sehingga ekosistem bisnis di industri ini sehat.

"Sesuai dengan Peraturan Presiden yang mewajibkan penggunaan produk dalam negeri, untuk upaya pelaksanaan Health Security Nasional, saya meminta seluruh RS BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengutamakan penggunaan produk dalam negeri, baik itu obat hingga alat kesehatan," ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Dia menegaskan bukan anti impor, tapi dari Pandemi Covid-19 ini semua belajar bahwa kita harus mampu mewujudkan ketahanan kesehatan nasional, dimana semua pihak berperan besar mewujudkannya. "Akademisi, Periset, BUMN, Swasta, BUMD, RS, BPJS, LKPP juga regulator semua harus punya visi yang sama, bahwa sedikit demi sedikit kita harus mengurangi ketergantungan terhadap impor," katanya.

Lebih lanjut Menteri Erick mengungkapkan, saat ini Gakeslab Indonesia yaitu Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia bakal melakukan pengadaan Alkeslab di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Kami bersyukur bisa berdiskusi panjang lebar, walaupun secara virtual, mengenai alkeslab bahkan juga diminta terlibat dalam pembuatan roadmap health security yang sedang disiapkan oleh Kementerian BUMN sesuai dengan kebutuhan baik dunia usaha, regulator maupun masyarakat. Seperti diketahui, saat ini banyak perusahaan swasta yang memiliki kemampuan dalam memproduksi alat kesehatan," jelasnya.

Saat ini Kementerian BUMN tengah fokus dalam membangun Health Security Nasional. Upaya ini dilakukan selain bisa meningkatkan daya saing industri kesehatan dalam negeri, juga bisa menjadi benteng pertahanan dalam menghadapi segala wabah penyakit ke depannya.

Sebagai pihak yang mendukung penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan kebutuhan tenaga kesehatan, saat ini Pemerintah membutuhkan segala bantuan yang diperlukan untuk mengadakan Alat Kesehatan dan laboratorium (Alkeslab) dari dalam dan luar negeri untuk dapat memberikan perawatan yang memadai kepada para pasien dalam perawatan serta melakukan identifikasi sedini mungkin kepada masyarakat yang mungkin terjangkit.

Dibuktikannya saat ini sudah banyak penelitian baik dari Universitas ataupun Balitbang instansi pemerintahan yang bisa memproduksi alat kesehatan yang selama ini diimpor, seperti salah satunya Ventilator. Ke depannya, ini bisa dikembangkan dan bisa diproduksi massal demi memenuhi pasar dalam negeri.

Sebagai informasi, GAKESLAB lndonesia merupakan organisasi distributor dan importir Alat Kesehatan dan Laboratorium (Alkeslab) yang beranggotakan 475 perusahaan distributor dan importir Alkeslab di seluruh lndonesia (baik perusahaan lokal maupun multinasional).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)