ACCA dukung penerapan ISFR bagi perusahaan di Indonesia

Kamis, 30 Mei 2013 - 18:52 WIB
ACCA dukung penerapan ISFR bagi perusahaan di Indonesia
ACCA dukung penerapan ISFR bagi perusahaan di Indonesia
A A A
Sindonews.com - Badan internasional untuk akuntan professional (The Association of Chartered Certified Accountants/ACCA) menilai positif adanya standar akuntansi International Financial Reporting Standards (IFRS) dalam upaya mendukung peningkatan kualitas dan transparansi laporan keuangan perusahaan di Indonesia.

Presiden of ACCA, Barry Cooper mengatakan, laporan keuangan baik perusahaan listed maupun non listed di Indonesia sudah cukup baik, namun yang terpenting adalah implementasi dari laporan keuangan tersebut.

"Kehadiran ACCA di Indonesia ini menawarkan kualifikasi pilihan yang relevan dengan bisnis bagi siapapun yang berkemampuan dan berambisi untuk mencari karir menjanjikan di bidang akuntansi, keuangan dan manajemen," kata Barry pada launching of ACCA di Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Barry mengatakan, tujuan diluncurkannya ACCA Indonesia adalah untuk mendukung pemerintah dalam mengembangkan akuntansi berkualitas yang tentu akan mendukung kemajuan ekonomi yang pesat serta menyediakan kerja pemerintah yang kuat.

Dijelaskannya, akuntan membawa nilai bagi perekonomian dalam semua tahap pembangunan. Sehingga dengan peran yang profesional di bidang keuangan, maka akan menciptakan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

Sementara pemimpin ACCA Indonesia Mulyadi Setiyakusuma menambahkan, ACCA yang berasal Amerika Serikat ini telah mendukung 154.000 anggotanya dari 432.000 siswanya di 170 negara. ACCA melalui jaringan 83 kantor dan lebih dari 8.400 approved empployer di seluruh dunia telah membantu muridnya tersebut untuk mengembangkan karir yang sukses di bidang akuntansi dan bisnis dengan keterampilan yang diperlukan perusahaan.

Dikatakannya, walaupun masih baru di Indonesia, anggotanya ada 50 orang dengan jumlah murid 200 orang. ACCA Indonesia telah kebekerjasama dengan Ikatan Akuntansi Indonesia dan Ikatan Akuntansi Publik.

Selain itu ACCA juga bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Universitas Indonesia, YKPN Yogyakarta, dan Universitas Bina Nusantara. Sementara untuk perusahaan, bekerjasama dengan Conoco Philips.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7107 seconds (0.1#10.140)