5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Mencapai 240 Kg Sehari

Minggu, 17 April 2022 - 08:30 WIB
loading...
5 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Mencapai 240 Kg Sehari
Dari tambang milik Freeport inilah emas terbanyak dihasilkan di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Lima daerah penghasil emas terbesar di Indonesia tersebar di sejumlahlah wilayah. Hampir semuanya berada di luar Pulau Jawa .

Baca juga: Wirda Mansur Bagi-bagi Emas Gratis, Catat Syaratnya

Emas merupakan sumber daya alam mineral logam. Mengutip berbagai sumber, Minggu (17/4/2022), emas umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan, bahan penyepuh, membuat huruf emas, fotografi, hingga perkakas laboratorium ilmiah.

Diketahui, produksi emas di Indonesia diperkirakan mencapai 48 ton per tahun. Dengan demikian, Indonesia berada di posisi ke-3 di Asia sebagai negara penghasil emas.

Lantas, kota apa saja yang menjadi penghasil emas terbesar di Indonesia?

1. Papua

Papua menjadi kota pertama penghasil emas terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mimika. Daerah tersebut juga merupakan penghasil tambang emas terbesar, yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Setiap harinya PT Freeport Indonesia bisa menghasilkan 240 kilogram emas murni.



2. Sumbawa

Pulau Sumbawa tepatnya di penambangan Batu Hijau, NTB, merupakan kota penghasil emas terbesar di Indonesia setelah Papua. Di lokasi ini, telah berhasil ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Keberadaan emas di daerah tersebut banyak dilirik negara tetangga.

3. Gosowong

Gosowong menempati posisi ke-3 sebagai lokasi tambang emas terbesar di Indonesia. Daerah ini dikelola oleh perusahan BUMN, yakni PT Aneka Tambang. Selama melakukan proses penambangan bijih emas, setidaknya sudah ada 20 juta ons yang telah ditambang dari tanah Halmahera ini.

4. Pujon

Desa Pujon, Kalimantan Tengah, menjadi salah satu lokasi penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa ini sering dijuluki sebagai Desa Emas karena memiliki bijih emas. Diketahui, cadangan emas di tambang Pujon ini telah diperhitungkan tidak akan habis digunakan hingga beberapa puluh tahun mendatang.

Baca juga: Warung dan Kontrakan di Serpong Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp700 Juta

5. Tujuh Bukit

Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur, termasuk salah satu kota penghasil emas terbesar di Indonesia. Lokasi ini memiliki cadangan mineral yang diperkirakan mencapai 1,9 miliar ton. Dari total tersebut, 28 juta ons di antaranya adalah emas.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2163 seconds (11.210#12.26)