Tol Trans Lampung Kekurangan Toilet, Menteri Basuki Minta Ditambah

Minggu, 17 April 2022 - 13:45 WIB
loading...
Tol Trans Lampung Kekurangan Toilet, Menteri Basuki Minta Ditambah
Menteri Basuki Hadimuljono saat kunjungan ke Tol Trans Lampung. Foto/PUPR
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan kesiapan rest area yang berada di sepanjang ruas tol trans Lampung hingga Palembang.



Menteri Basuki melihat ketersediaan toilet pada rest area tersebut jumlahnya masih kurang dari prediksi arus mudik yang akan terjadi pada Lebaran 2022 ini. Antusiasme masyarakat pada mudik Lebaran 2022 diperkirakan akan lebih tinggi, mengingat selama pandemi pemerintah telah dua tahun melarang mudik.

Perlu adanya penambahan jumlah toilet agar tidak terjadi antrean ketika para pemudik hendak menggunakan toilet di rest area. Mengingat saat ini pandemi juga belum selesai, mengurai antrean fisik menjadi ikhtiar untuk tidak tertular.

"Pengelola rest area untuk menambah jumlah toilet sementara 100 toilet. 50 untuk pria dan 50 untuk perempuan di tiap rest area untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik dan tidak perlu antre," kata Menteri Basuki, dikutip Minggu (17/4/2022).



Sedangkan untuk kesiapan jalan tolnya sendiri, Kementerian PUPR melalui PT Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ruas Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 140,4 km telah melakukan perbaikan dengan progres 100%.

Untuk ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189,4 km telah dikerjakan perbaikan kerusakan dengan progres 90%, dan akan tuntas seluruhnya H-10.

Selanjutnya BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol menangani ruas Kayu Agung - Palembang - Bentung sepanjang 37,6 km telah melakukan perbaikan beberapa titik di antaranya KM355+950 dan KM349+900.



Menteri Basuki menyampaikan secara keseluruhan ruas tol Bakauheni Lampung hingga Palembang siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022 di Pulau Sumatera.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)