Kampanye Kendaraan Listrik Gencar, Penjualan Mobil Pengguna BBM Kian Moncer

Selasa, 19 April 2022 - 10:35 WIB
loading...
Kampanye Kendaraan Listrik Gencar, Penjualan Mobil Pengguna BBM Kian Moncer
Penjualan mobil terus meningkat seiring adanya insentif dari pemerintah. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Penjualan mobil secara wholesales sepanjang Januari-Maret 2022 mencapai 263.822 unit, melonjak 41% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan penjualan ditopang sejumlah faktor, antara lain semakin membaiknya infrastruktur serta membaiknya perekonomian di sejumlah daerah yang ditopang kenaikan harga komoditas.

Hasil ini menunjukkan bahwa industri otomotif nasional kini kian pulih setelah dua tahun sebelumnya terhantam dampak pandemi Covid-19. Kinerja penjualan mobil para kuartal I/2022 ini layak diapresiasi karena menunjukkansektor manufaktur terus bergerak positif.



Kendati demikian, maraknya penjualan mobil yang notabene masih didominasi kendaraan berbasisbahan bakar minyak (BBM) ini belum diikuti masifnya penjualan kendaraanlistrik. Per Maret 2022 lalu, Kementerian Perhubungan mencatat kendaraan listrik yang ada di Indonesia baru mencapai 16.000-an unit, terdiri atas kendaraan roda tiga, mobil penumpang, sepeda motor dan bus. Khusus mobil listrik, data per November tahun lalu baru di kisaran 1.650-an unit.

Kondisi ini membuktikan bahwa kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil masih menjadi pilihan utama masyarakat karena harga kendaraan listrik masih relatif lebih mahal kendati sudah ada sejumlah insentif.

Padahal, sedianya pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air ini terus didorong oleh pemerintahyang sejakDesember 2020 dengan meluncurkan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) demi mengurangi ketergantungan impor BBM. Program ini dalam jangka panjang juga bertujuan meningkatkan ketahanan energi nasional. Bahkan, Presiden Joko Widodo bercita-cita agar Indonesia bisa menjadi pemain di industri kendaraan listrik dan bisa menjadi moda transportasi utama.

Pengamat ekonomi sekaligus Direktur Center of Economic and Law Studies (Celio) Bhima Yudistira mengatakan 2022 ini menjadi momen yang pas bagi pengembang mobil listrik di Indonesia. Terlebih ditengah lonjakan harga minyak mentah dunia saat ini.

"Dengan kenaikan harga minyak mentah, di atas USD100 per barel sebenarnya menjadi insentif bagi masyarakat untuk beralih ke mobil listrik. Konsumen di Amerika Serikat (AS) sangat tertekan dengan kenaikan harga BBM, sehingga mereka beralih ke mobil listrik yang biaya bahan bakarnya jauh lebih murah," ucap dia Senin, (18/04/2022).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), khusus penjualan mobil pada Maret lalu mencapai 98.536 unit. Itu artinya meningkat dari bulan sebelumnya yang berjumlah 81.2228 unit. Toyota berada di urutan pertama dengan jumlah penjualan 33.515 unit. Kemudian disusul oleh Daihatsu dengan jumlah 17.465 unit, Mitsubishi 13.289, dan Honda sebanyak 12.975 unit.

Menurut Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, tren penjualan tahun ini lebih bagus dari tahun 2021. Hasil ini tidak lepas dari kebijakanpemerintah yang telah mengeluarkan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) pada 1 Maret 2021 hingga Maret 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)