CrediBook Raih Pendanaan Seri A Rp116 Miliar, Ini Rencana Bisnis ke Depan?

Selasa, 19 April 2022 - 14:36 WIB
loading...
CrediBook Raih Pendanaan Seri A Rp116 Miliar, Ini Rencana Bisnis ke Depan?
Ilustrasi startup funding. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Startup alumni ajang Pahlawan Digital UMKM 2020 CrediBook memperoleh pendanaan Seri A sebesar USD8,1 juta atau sekitar Rp116 miliar dipimpin oleh Monk's Hill Ventures dengan partisipasi Insignia Ventures Partners dan Wavemaker Partners.

Sejak diluncurkan pada 2020, CrediBook mengembangkan dua layanan unggulan, yakni aplikasi pembukuan digital yang mencatat lebih dari 12 juta transaksi UMKM di sejumlah kabupaten dan desa serta layanan grosir digital CrediMart sehingga meningkatkan omzet pedagang grosir hingga 50% per hari.

Staf Khusus Presiden Putri Tanjung selaku inisiator ajang Pahlawan Digital UMKM berharap agar lebih banyak start-up besutan anak muda Indonesia mengembangkan layanan digital yang inovatif dan solutif atas masalah pelaku UMKM.

"Semoga menginspirasi anak muda Indonesia lain khususnya para inovator digital kita untuk terus mengembangkan inovasi digital yang memberdayakan pelaku UMKM Indonesia," ujar Putri Tanjung, seperti dikutip melalui pernyataannya, Selasa (19/4/2022).



CrediBook sebagai bagian dari network Pahlawan Digital UMKM diharapkan bisa turut membantu target Presiden Jokowi mewujudkan 30 juta UMKM go digital pada 2024. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendukung langkah startup seperti CrediBook dalam upaya mendorong digitalisasi UMKM Indonesia.

"Terus lahirkan inovasi digital yang membantu UMKM beroperasi secara efisien. Kami terus mendukung layanan yang dikembangkan CrediBook dibutuhkan oleh UMKM," kata Teten.

Saementara itu, CEO & Co-Founder CrediBook Gabriel Frans mengatakan aplikasi CrediBook memudahkan pencatatan keuangan usaha. Saat ini, pihaknya fokus mendigitalkan pelaku grosir lewat layanan CrediMart.

"Pendanaan Seri A akan digunakan untuk ekspansi CrediMart," kata Gabriel.

CrediMart bekerja sama dengan toko grosir konvensional dan membantu mereka berjualan kulakan melalui toko online yang disediakan. CrediMart menyediakan tenaga sales lapangan yang mencarikan pembeli. Pesanan pembeli akan dibelanjakan di toko grosir konvensional rekanan CrediMart dan dapat dipantau lewat aplikasi khusus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)