Menteri BUMN Beri Mandat Baru untuk Fajrin Rasyid, Apa Itu?

Selasa, 19 April 2022 - 23:43 WIB
loading...
Menteri BUMN Beri Mandat Baru untuk Fajrin Rasyid, Apa Itu?
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Dok MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Fajrin Rasyid sebagai Ketua Forum Digital Indonesia (Fordigi).

Forum ini beranggotakan para pemimpin dan penggerak transformasi digital di perusahaan-perusahaan pelat merah.

Fordigi, sebelumnya dikenal dengan nama Forum Teknologi Informasi BUMN (Forti BUMN) dan terbentuk pada 2011 lalu, adalah mitra Kementerian BUMN dalam mengembangkan ekosistem dan talenta digital berstandar global di BUMN.

Erick Thohir menekankan pentingnya memperkuat sinergi, dan mengakselerasi transformasi digital di BUMN, untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

“Ini semua adalah hal-hal yang fundamental. Kita harus benar-benar mengubah pola pikir kita, dan bagaimana (menguatkan) kapabilitas kita, terutama di (bidang) digital,” ujar Erick, dikutip Selasa (19/4/2022).



Forum ini diharapkan dapat membangun kapabilitas talenta digital BUMN, meningkatkan kinerja tata kelola (governance), risiko (risk), dan kepatuhan (compliance).

Selain itu, mengembangkan strategi adopsi teknologi yang efektif di lingkungan BUMN, serta mengembangkan ekosistem sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengembangkan talenta digital, dan berkolaborasi dalam menciptakan inovasi untuk mengakselerasi model bisnis.

Salah satu inisiatif yang akan segera dijalankan oleh Fordigi bersama dengan Kementerian BUMN dan Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) adalah program Digital Talent BUMN, yang bertujuan membangun kompetensi pola pikir dan keterampilan digital insan-insan BUMN.

“Dari data awal, kita baru punya 1% digital talent. Padahal minimal kita harus punya 20%. Karena itu, tugas Fordigi sangat berat. Tapi, saya akan pastikan bahwa transformasi digital ini berjalan,” ungkap Erick.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)