Dipercaya Jadi Koordinator Mudik Gratis BUMN, Jasa Raharja Sosialisasikan Mudik Sehat dan Aman

Rabu, 20 April 2022 - 21:44 WIB
loading...
Dipercaya Jadi Koordinator Mudik Gratis BUMN, Jasa Raharja Sosialisasikan Mudik Sehat dan Aman
PT Jasa Raharja sosialisasikan mudik aman dan sehat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lebaran tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing untuk merayakan Idul Fitri di tahun 2022. Namun, para pemudik tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes) dan memenuhi beberapa ketentuan, seperti telah mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan alias booster atau menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.



Izin mudik Lebaran yang diberikan pemerintah jelas disambut dengan antusiasme tinggi warga masyarakat. Berdasarkan data dari hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan perjalanan mudik tahun ini. Beberapa lembaga atau instansi, BUMN, hingga lembaga swasta berupaya membantu serta memfasilitasi masyarakat yang hendak mudik dengan menggelar program mudik gratis.

PT Jasa Raharja, salah satu BUMN terkemuka di Tanah Air, kembali ditunjuk serta dipercaya Kementerian BUMN sebagai Koordinator Pelaksanaan Mudik Gratis bertajuk “Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022” yang diikuti oleh 25 BUMN. Pendaftaran telah ditutup karena sudah memenuhi kuota 20.000 peserta pada hari Senin, 18 April 2022.

"Antusiasme masyarakat begitu luar biasa. Mudik Gratis BUMN ini akan dilaksanakan dengan bus yang jumlahnya mencapai 100 armada bus guna mengangkut 5.000 pemudik. Lalu kereta api yang terdiri dari 23 rangkaian kereta digunakan untuk mengangkut 15.000 pemudik," kata Dewi Aryani Suzana, Direktur Operasional PT Jasa Raharja, dikutip Rabu (20/4/2022).

Dewi Aryani menambahkan, waktu pemberangkatan mudik gratis dengan armada bus akan dilaksanakan pada 27 April 2022 dan titik kumpulnya di Gelora Bung Karno, sedangkan kereta api dimulai 27 April hingga 1 Mei 2022 di Stasiun Pasar Senen.



Ada 12 rute tujuan bus mudik yakni Yogyakarta, Semarang, Wonogiri via Solo, Sragen via Solo, Kuningan, Cirebon, Purwokerto, Pati, Magelang, Ngawi, Madiun, Surabaya dan Malang. Sedangkan untuk kereta api, tujuannya adalah Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya, Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dan direktur utama BUMN lainnya direncanakan akan melakukan pelepasan rombongan pemudik bus di Gelora Bung Karno dan pemudik kereta api di Stasion Pasar Senen pada tanggal 27 April 2022.

"Kegiatan Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022 dilaksanakan dalam rangka mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas, terutama kecelakaan sepeda motor serta sebagai upaya BUMN membantu masyarakat mengurangi beban ekonomi dalam melaksanakan mudik Lebaran," jelas Dewi Aryani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)