Penyehatan Garuda Harus Menyeluruh, Ini Saran untuk Erick Thohir

Minggu, 24 April 2022 - 16:36 WIB
loading...
Penyehatan Garuda Harus Menyeluruh, Ini Saran untuk Erick Thohir
Langkah penyelamatan Garuda diharapkan tidak berhenti pada pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) saja. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Langkah penyelamatan PT Garuda Indonesia Tbk diharapkan tidak berhenti pada pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) saja. Diperlukan pembenahan dan pembersihan menyeluruh untuk memulihkan kinerja maskapai nasional ini.

Nasib Garuda Indonesia identik dengan gebrakan Menteri BUMN Erick Thohir. Misalnya, kasus penyelundupan motor besar alias moge, pelaporan korupsi di Kejaksaan Agung (Kejagung) hingga pemberian PMN bernilai jumbo.

Agar pembenahan Garuda paripurna, Chief Marketing Officer (CMO) PT Jarvis Aset Manajemen Kartika Sutandi CFA mengatakan, perlu lebih banyak gebrakan dan pembenahan yang harus dilakukan Erick Thohir.

Untuk penyehatan Garuda yang menyeluruh, Kartika meminta agar Erick tak hanya berhenti pada pemberian PMN saja.

Beberapa langkah konkret perbaikan Garuda yang harus segera dilakukan adalah pembenahan tata niaga dari avtur di Indonesia.

Selama ini cost airline mayoritas dihabiskan untuk membeli avtur. Saat ini avtur yang dijual Pertamina 30% lebih mahal jika dibandingkan membeli di luar negeri. Kartika meminta agar Erick dapat membuka kompetisi penjualan avtur di seluruh bandara di wilayah Indonesia.

Menurut dia, jika kompetisi penjualan avtur tak dapat terwujud, maka harga tiket penerbangan di Indonesia tak akan bisa bersaing dengan negara lain.

"Menteri Erick harus membuka kesempatan kepada pemain avtur lainnya untuk dapat masuk ke seluruh bandara di Indonesia,” ujarnya, Minggu (24/4/2022).



Menurut dia, hal itu bertujuan menciptakan kompetisi yang sehat dalam pengisian avtur. “Jika harga avtur Pertamina dapat bersaing, akan membuat harga tiket menjadi murah. Demand create price. Price can be cheaper," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)