Presiden Jokowi Saksikan Langsung Penyerahan BLT Minyak Goreng di Pos Bloc

Senin, 25 April 2022 - 16:39 WIB
loading...
Presiden Jokowi Saksikan Langsung Penyerahan BLT Minyak Goreng di Pos Bloc
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung proses penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada 100 keluarga penerima manfaat (KPM) yang dilakukan di Pos Bloc, Jakarta, Senin (25/4/2022).
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan langsung proses penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada 100 keluarga penerima manfaat (KPM) yang dilakukan di Pos Bloc, Jakarta, Senin (25/4/2022). Acara penyerahan BLT tersebut juga dilakukan secara daring via zoom meeting dengan yang diikuti di 6 lokasi yakni di Aceh, Medan, Banten, Pontianak, Depok dan Cikini-Jakarta Pusat.

Di hadapan Presiden Jokowi, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan mengenai proses pencairan BLT minyak goreng yang telah berjalan lancar. Penyaluran BLT minyak goreng sudah dimulai pada 9 April di seluruh Indonesia. Bantuan tersebut disalurkan kepada 18,8 juta KPM penerima Bantuan Program Sembako.

Faizal juga mengungkapkan bahwa hasil penyaluran yang telah dicapai oleh Pos Indonesia, dalam waktu 10 hari, penyaluran terealisasi hingga 95,7%.

(Baca juga:Pastikan BLT Minyak Goreng Tanpa Penyimpangan)

“Menurut data yang kita miliki penyaluran BLT minyak goreng sudah tercapai 95,7% dari total 18,3 juta KPM hanya dalam waktu 10 hari. Alhamdulillah, ini rekor baru. Capaian ini mendekati harapan dari Kemensos,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam rangka mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menunjuk Pos Indonesia untuk menyalurkan BLT Minyak Goreng ke seluruh tanah air. Kemensos pun telah menargetkan PT Pos Indonesia untuk menyalurkan BLT Minyak Goreng kepada 18,3 juta KPM sebelum Lebaran 2022.

(Baca juga:Jokowi Umumkan BLT Minyak Goreng Rp100 Ribu)

BLT minyak goreng ini besarannya Rp100.000 per orang per bulan untuk bulan April, Mei, Juni. Penyalurannya dilakukan secara sekaligus sebesar Rp300.000 pada April ini. Penyaluran BLT minyak goreng bersamaan dengan pencairan bansos sembako Rp200.000, sehingga total yang diterima sebanyak Rp500.000.

Dalam kegiatan tersebut, Faizal juga menjelaskan mengenai kegiatan perekaman foto wajah menerima BLT yang dilakukan oleh PT Pos sehingga dapat diyakini bahwa dana bansos telah diterima oleh KPM, kegiatan foto rumah penerima BLT dan proses geo tagging lokasi rumah KPM untuk digunakan sebagai bahan validasi ulang bahwa KPM betul-betul membutuhkan bantuan (berhak mendapatkan bansos).

Faizal juga menjelaskan mengenai dashboard yang real time, hal tersebut tentunya merupakan keunggulan-keunggulan yang diberikan PT Pos dalam menyalurkan bansos. Ia menjelaskan bahwa penerima bantuan hanya perlu datang membawa KTP ke kantor pos atau lokasi yang telah ditetapkan. Setelah itu melakukan verifikasi dengan scan undangan atau cek digital, kemudian foto dengan menunjukkan uang dan KTP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)