Pintu Bagasi Pesawat Garuda Terbuka Saat Lepas Landas, Pengamat: Kelalaian yang Bisa Fatal

Kamis, 28 April 2022 - 16:46 WIB
loading...
Pintu Bagasi Pesawat Garuda Terbuka Saat Lepas Landas, Pengamat: Kelalaian yang Bisa Fatal
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai insiden pintu pesawat Garuda Indonesia yang diduga tidak tertutup rapat bisa menjadi preseden buruk dunia penerbangan mengingat kasus ini sangat jarang terjadi.

"Kasus seperti ini sangat jarang terjadi, berpuluh-puluh tahun tidak ada kasus yang seperti ini," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (28/04/2022).

Menurut dia, kelalaian seperti ini bisa berakibat sangat fatal. Penerbangan pasti akan terganggu mengingat tidak sempurnanya bada pesawat karena ada satu bagian yang tidak tertutup.

"Aerodinamika pesawat pasti terganggu, badan pesawat tidak tertutup sempurna dan berpotensi bahaya bagi penerbangan. Selain itu pintu yang tidak tertutup bisa terlepas dan mengenai sayap atau mesin dan bahkan bisa jatuh kemudian mengakibatkan kecelakaan,” terang dia.



Alvin berharap maskapai Garuda harus segera melakukan investigasi mengenai penyebab utama kelalaian ini. "Sistem tersebut sudah dilaksanakan selama berpuluh-puluh tahun, kenapa kali ini bisa lolos?" tukasnya.

Dalam melakukan investigasi, sambung Alvin, jangan difokuskan untuk mencari orangnya, namun cari sumber masalahnya.

"Apakah hal ini disebabkan oleh pekerja yang belum terlatih? atau bisa jadi karena mereka sangat kelelahan? evaluasi juga sistem kerja," tandasnya.



Sebelumnya, viral beredar di media sosial penampakan pintu bagasi pesawat Garuda Indonesia yang terbuka saat pesawat akan lepas landas.

Diketahui pintu belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.



Peristiwa itu terjadi pada pesawat GA 309 rute Surabaya-Jakarta yang diterbangkan pada Rabu (27/4/2022) sekira pukul 11.25 WIB. Atas temuan tersebut, pihak Garuda Indonesia tengah melakukan pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)