Hujan Cuan Tak Hanya di Kota, MotionBanking x Kredit Pintar Beberkan 5 Ide Bisnis di Desa

Jum'at, 29 April 2022 - 09:21 WIB
loading...
Hujan Cuan Tak Hanya di Kota, MotionBanking x Kredit Pintar Beberkan 5 Ide Bisnis di Desa
Ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan di desa untuk menambah penghasilan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Memiliki usaha sampingan di desa merupakan rencana yang baik untuk menambah pendapatan di luar gaji bulanan dan sumber penghasilan utama jika memasuki usia pensiun. Ada banyak jenis usaha yang berpeluang mendatangkan keuntungan besar di desa. Simak berbagai rekomendasinya dalam artikel ini.

Baca juga: Disomasi Musisi Senior, Ternyata Segini Pendapatan Tri Suaka dari YouTube

Ide Usaha Sampingan di Desa
Berbagai ide usaha berikut, cocok untuk dipilih sebagai usaha sampingan di desa. Kecocokan tersebut dapat dilihat dari perilaku masyarakat desa yang terkadang harus pergi ke kota untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Tidak hanya sekedar menambah pendapatan, harapannya, berbagai ide usaha sampingan di desa berikut ini dapat membantu warga untuk memenuhi kebutuhan tanpa repot pergi ke kota.

1. Toko alat elektronik dan perabotan rumah tangga
Saat ini, perabotan rumah tangga yang membutuhkan listrik merupakan suatu kebutuhan untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga. Tidak hanya itu, perlengkapan elektronik juga menjadi senjata utama untuk memperbaiki kerusakan perabot maupun bangunan tempat tinggal.

Oleh karenanya, dengan membuka toko alat elektronik dan rumah tangga sebagai usaha sampingan di desa, Anda bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Khususnya, jika di desa belum ada toko yang barang dagangannya dinilai kurang variatif.

2. Persewaan mesin dan jasa penggilingan padi dan biji-bijian lain
Bagi pemilik sawah, jasa penggilingan padi akan sangat membantu proses panen padi. Seperti yang diketahui, padi yang dipanen harus digiling terlebih dahulu untuk selanjutnya disebut sebagai beras.

Jika ingin mencoba jasa penggilingan padi dan biji-bijian lain, Anda bisa menyediakan alat gilingan untuk kemudian disewakan kepada pemilik sawah saat panen. Atau, jika memiliki pegawai, Anda bisa membuka layanan penggilingan padi yang dilakukan oleh pegawai yang berpengalaman melakukan penggilingan biji-bijian.

3. Jasa tour guide di Desa Wisata
Di Indonesia, ada banyak desa yang dikategorikan sebagai desa wisata karena kebudayaan maupun tempat wisata yang dimilikinya. Umumnya, tempat yang tergolong sebagai desa wisata kerap mendapatkan kunjungan turis dari dalam negeri maupun mancanegara.

Untuk memaksimalkan potensi dalam desa wisata, tidak ada salahnya jika Anda membuka jasa tour guide sebagai usaha sampingan di desa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1522 seconds (10.101#12.26)