RI Punya Banyak Harta Karun Energi, Pengusaha Kanada Diajak Ikut Tanamkan Investasi

Jum'at, 29 April 2022 - 22:43 WIB
loading...
RI Punya Banyak Harta Karun Energi, Pengusaha Kanada Diajak Ikut Tanamkan Investasi
Indonesia yang kaya akan harta karun energi hijau alias sumber energi baru terbarukan (EBT) menjadi daya tarik sendiri bagi investor. Potensi ini coba dikenalkan kepada kalangan pengusaha Kanada. Foto/Ilustrasi
A A A
OTTAWA - Indonesia yang kaya akan energi hijau alias sumber energi baru terbarukan (EBT) menjadi daya tarik sendiri bagi investor . Hal ini coba dipromosikan oleh Delegasi pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia saat bertemu dengan pengurus Canada Chamber of Commerce di Hotel Fairmont Ottawa, Kanada, Rabu (27/4/2022).

Kedatangan Kadin ini guna mempromosikan peluang investasi Indonesia. Delegasi Kadin Indonesia dipimpin Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri, Shinta Kamdani.



Pertemuan dipimpin dan difasilitasi langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Kanada, Daniel Tumpal Simanjuntak. Sedangkan dari pihak Kanada dipimpin oleh Presiden & CEO Canada Chamber of Commerce, Hon Pearin Beatty bersama dengan sejumlah pimpinan perusahaan dari Pension Fund dan Sovereign Wealth Fund.

RI Punya Banyak Harta Karun Energi, Pengusaha Kanada Diajak Ikut Tanamkan Investasi


Shinta Kamdani menjelaskan, selain untuk promosi investasi, pertemuan ini merupakan rangkaian dari perjalanan pengurus KADIN Indonesia ke Amerika Serikat dan Kanada untuk memperkuat hubungan bilateral bidang perdagangan di dunia negara maju tersebut.

“Kami membicarakan dan merumuskan format agar banyak investor dari Kanada mau berinvestasi di Indonesia melalui skema INA atau Foreign Direct Investment (FDI) di sektor energi hijau untuk mendukung komitmen pemerintah mencapai Net Zero Emission,” ujar dia, dalam keterangannya tertulisnya dari Kanada, dikutip Jumat (29/4/2022).

Dia memaparkan saat ini, Indonesia memiliki potensi EBT sebesar 418 Giga Watt (GW), baik dari air, panas bumi (geothermal), hingga matahari. Maka dari itu, tutur Shinta, besarnya potensi energi baru terbarukan ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk mewujudkan transisi energi.

"KADIN Indonesia sebagai perwakilan dari sektor usaha mengajak agar investor baik itu dari dalam maupun luar negeri, terutama Kanada yang dikenal cukup fokus dalam bidang energi hijau untuk ikut berpartisipasi dalam investasi di sektor ini," ungkapnya.



Seperti diketahui, ketahanan energi, transisi menuju ekonomi hijau, serta investasi yang berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi merupakan tiga pilar utama kebijakan Pemerintah Indonesia dan juga kebijakan yang dicanangkan di dalam Presidensi G20 Indonesia.

Untuk mewujudkan ekonomi hijau ini, menurutnya merupakan tanggung jawab besar dan memberikan peluang besar untuk investasi di sektor energi baru terbarukan. Namun demikian, besarnya potensi ekonomi hijau dan investasi berkelanjutan tentunya harus diikuti dengan skenario dan peta jalan yang jelas, termasuk pendanaan dan investasi.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)