Ternyata, Tarif Penerbangan Alternatif Batik Air Jakarta-Banda Aceh Ada yang Lebih dari Rp9,6 Juta

Sabtu, 30 April 2022 - 12:59 WIB
loading...
Ternyata, Tarif Penerbangan Alternatif Batik Air Jakarta-Banda Aceh Ada yang Lebih dari Rp9,6 Juta
Harga tiket Batik Air dengan sistem penerbangan alternatif mencapai Rp10,2 juta. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Harga tiket pesawat Batik Air rute Jakarta- Banda Aceh yang menembus Rp9,6 juta menjadi heboh di kalangan para pemudik. Padahal, masih ada lagi harga tiket Batik Air untuk rute yang sama yang lebih mahal, mencapai Rp10,2 juta sekali terbang.

Baca juga: Soal Tiket Rp9,6 Juta Jakarta-Aceh, Ini Penjelasan Lion Air

Lion Air sendiri beralasan bahwa mahalnya harga tiket itu bukanlah sebuah pelanggaran, atau masih sesuai dengan aturan yang ada. "Pembelakukan tarif masih sesuai dengan koridor yang belaku," tulis Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air, dikutip Sabtu (30/4/2022).

Menurut Danang, harga tiket Batik Air dari Jakarta menuju Banda Aceh yang mahal lantaran merupakan penerbangan alternatif buat masyarakat yang tetap hendak ke Banda Aceh di kala semua tiket penerbangan reguler Jakarta-Banda Aceh sudah ludes terjual.



"Untuk tetap membantu masyarakat yang tetap hendak ke Banda Aceh, maka sistem memberikan alternatif kepada calon penumpang, yaitu penumpang harus transit dan transfer (singgah dan ganti pesawat) menggunakan maskapai lain melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu," jelas Danang.

Penerbangan transit dan transfer merupakan kombinasi (multiple flight and multiple airport) layanan penerbangan dari maskapai sendiri atau bersama maskapai lain. Pada penerbangan Batik Air, jika harga tiket kelas ekonomi habis terjual dan masih tersedia kelas bisnis maka akan terjadi kombinasi harga kelas bisnis dengan kelas ekonomi maskapai lain.

Nah salah satu rute penerbangan Batik Air dari Jakarta menuju Banda Aceh memiliki harga tiket yang bakal bikin geleng-geleng kepala. Untuk rute Batik Air-Banda Aceh kelas Bisnis harga terendah Rp3,3 juta, sedangkan harga tertingginya Rp10,2 juta.

Baca juga: Bergaya Futuristik, Nezha Hadirkan Penantang Tesla Model 3

"Otomatis akan memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan sektor transit menjadi satu informasi harga tiket yang harus dibeli atau dibayar oleh calon penumpang," tandas Danang.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1425 seconds (11.252#12.26)