10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Nomor 3 Jadi Magnet Pekerja

Selasa, 03 Mei 2022 - 09:44 WIB
loading...
10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Nomor 3 Jadi Magnet Pekerja
Kota Bekasi menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termahal. Foto/bekasikota.go.id
A A A
JAKARTA - Kota-kota besar di Indonesia selalu menjadi daya tarik warga untuk mencari penghidupan baru. Beragam lapangan pekerjaan tersedia di kota-kota besar dengan besaran gaji yang menarik.



Meski menjanjikan penghasilan yang lebih baik, kota-kota besar juga lebih menyedot banyak gaji atau penghasilan untuk berbagai kebutuhan hidup. Mulai dari kebutuhan pangan hingga hiburan, harus dibayar lebih mahal jika dibandingan dengan hidup di daerah.

Besarnya biaya hidup di sebuah kota dipengaruhi oleh beberapa faktor. Umumnya, semakin ramai sebuah kota, harga kebutuhan pun kian tinggi.

Jadi jika masyarakat hendak membawa teman atau kerabat untuk mencari peruntungan di kota-kota besar, harus dipahami dulu sejumlah tantangan utama. Salah satunya mahalnya biaya hidup.

Mengutip berbagai sumber, Selasa (3/5/2022), berikut 10 kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia:

1. Jakarta

Jakarta menempati urutan pertama sebagai kota dengan biaya hidup termahal. Menurut hasil survei biaya hidup (SBH) tahun 2018, total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta adalah Rp4.446.770. Pengeluaran rata-rata per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan baik yang berasal dari pembelian, pemberian maupun produksi sendiri dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga dalam rumah tangga tersebut Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp16.897.727.

2. Surabaya

Kedua terbesar selanjutnya adalah Surabaya. Di kota terbesar kedua di Indonesia ini, total rata-rata pengeluaran per kapitanya adalah Rp4.240.902. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp16.115.429.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)