Awas, Jangan Kendor! Ini 3 Tips Atur Uang Setelah Lebaran dari MNC Bank (BABP)

Rabu, 04 Mei 2022 - 13:20 WIB
loading...
Awas, Jangan Kendor! Ini 3 Tips Atur Uang Setelah Lebaran dari MNC Bank (BABP)
MNC Bank terus menjaga komitmennya untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh nasabah setia. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Momen mudik dan Idulfitri kerap kali membuat sebagian orang lupa mengatur keuangan karena euforia bertemu keluarga. Agar setelah Idulfitri dan mudik keuangan Anda tidak terganggu, Anda harus mengelolanya dengan baik.

Jika kondisi keuangan setelah Idulfitri tidak dikelola dengan baik maka akan jadi masalah baru. Berikut ini tips dan trik untuk mengatur keuangan usai Idulfitri yang bisa Anda coba.




1. Catat Tiap Pengeluaran
Pastinya banyak kebutuhan yang dikeluarkan sejak Ramadhan hingga Idulfitri. Mulai dari kebutuhan pokok, makanan khas saat lebaran, paket kiriman parsel untuk keluarga, hingga pengeluaran angpau untuk anak-anak. Catat semua pengeluaran di atas.

Dengan catatan tersebut Anda bisa mengetahui pos mana yang pengeluarannya melonjak selama Idulfitri. Catatan tersebut juga bisa jadi acuan untuk mengelola uang setelah Ramadhan dan Idulfitri.

2. Membatasi Pengeluaran
Momen Idulfitri sering kali menjadi momen “kalap” belanja bagi sebagian orang. Anda bisa mengendalikan hasrat ini dengan cara membeli kebutuhan yang hanya tercatat sebelumnya. Cara ini akan membantu Anda agar keuangan tidak menipis setelah Idulfitri.

Hitung semua dana yang dimiliki, namun pastikan dana telah disisihkan untuk keperluan investasi.



3. Menyusun Kembali Anggaran
Analisis kondisi keuangan Anda dengan membuat daftar kebutuhan. Dengan mengetahui kondisi keuangan setelah Idulfitri, Anda bisa menyeimbangkan lagi pemasukan dan pengeluaran yang tersisa.

Pastikan, Anda mencatat apa saja yang menjadi kebutuhan pokok bulanan setelah Idulftiri, serta cicilan rutin yang harus dibayarkan setiap bulan. Teliti semua pengeluaran yang diperlukan jangan sampai terlewat dan jangan lupa untuk menabung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)