Bawa 17 Tuntutan, Pentolan Buruh Keukeuh Aksi May Day 14 Mei Tetap Digelar di Istora Senayan

Sabtu, 07 Mei 2022 - 22:22 WIB
loading...
Bawa 17 Tuntutan, Pentolan Buruh Keukeuh Aksi May Day 14 Mei Tetap Digelar di Istora Senayan
Massa yang tergabung dalam Partai Buruh berunjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional di depan kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz
A A A
JAKARTA - Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyayangkan pernyataan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang menyebut tidak ada pemesanan venue Istora Senayan Jakarta pada 14 Mei 2022, khususnya untuk kegiatan peringatan Hari Buruh .

“Partai Buruh menyayangkan rilis dari pengelola GBK yang menyatakan buruh belum melakukan pemesanan dan menyatakan Istora tidak bisa digunakan karena ada perbaikan hingga tanggal 14 Mei. Pernyataan ini telah meresahkan buruh,” kata Said dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Sebelumnya, PPKGBK melalui siaran pers pada Jumat (6/5/2022) menyatakan bahwa saat ini Istora GBK sedang tidak dapat digunakan untuk menggelar acara karena sedang ada perbaikan.

"Pada tanggal 1 sampai dengan 14 Mei 2022 Istora GBK dalam kondisi tidak dapat digunakan untuk menggelar acara," kata PPKGBK.

Baca juga: May Day, Begini Suasana Demo Buruh di Kantor KPU

Terkait pernyataan pengelola GBK, Said menyampaikan beberapa fakta. Pertama, KSPI dan Partai Buruh sudah mengirimkan surat resmi kepada pengelola Istora Senayan kurang lebih tiga minggu sebelum lebaran, tetapi hingga saat ini belum dijawab. “Jadi tidak benar kalau buruh belum melakukan pemesanan,” cetusnya.

Kedua, panitia sudah melakukan komunikasi melalui telepon dengan manajemen Istora Senayan. Dalam pembicaraan melalui telepon, memang diarahkan pendaftaran secara online.

“Karena saat itu masih menunggu JIS (Jakarta International Stadium), buruh memang belum melakukan pembayaran DP yang diminta, yaitu 100 juta. Tetapi para prinsipnya, sudah dilakukan pemesanan,” tukasnya.

Ketiga, dalam komunikasi melalui telepon, saat itu manajemen Istora menyampaikan bahwa pada tanggal 14 Mei Istora kosong dan bisa digunakan karena perbaikan hanya dilakukan sampai tanggal 12 Mei. “Mengapa sekarang tiba-tiba berubah, perbaikannya menjadi 14 Mei? Ada apa ini?" cetusnya.

Keempat, lanjut dia, sampai dengan hari ini belum ada jawaban atas permohonan surat permohonan dari manajemen Istora Senayan. Oleh karena itu, tiga hari lalu KSPI mengirimkan surat kepada otoritas tertinggi pengelola GBK yakni pemerintah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1505 seconds (10.55#12.26)