Rintis Bisnis dari Garasi, Ini Sosok Pendiri Es Krim Campina Darmo Hadipranoto

Senin, 09 Mei 2022 - 19:41 WIB
loading...
Rintis Bisnis dari Garasi, Ini Sosok Pendiri Es Krim Campina Darmo Hadipranoto
Pendiri sekaligus Komisaris PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) Darmo Hadipranoto meninggal dunia pada hari ini, Senin (9/5/2022). Foto/Campina
A A A
JAKARTA - Pendiri sekaligus komisaris PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) Darmo Hadipranoto meninggal dunia pada hari ini di usia 94 tahun.

"Bersama ini kami sampaikan bahwa Bapak Darmo Hadipranoto, yang menjabat sebagai Komisaris Perseroan telah meninggal dunia pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022," kata Sekretaris Perusahaan CAMP Sagita Melati, Senin (9/5/2022).

Mengutip situs resmi perusahaan, Darmo Hadipranoto merupakan founding father es krim dengan nama Campina sejak 22 Juli 1972 di kota Surabaya, Jawa Timur.

Darmo diketahui menempuh pendidikan SMA di St Stephen Collage di Hong Kong, dengan bidang studi IPA. Selama masa hidupnya, Darmo juga dikenal berpengalaman dalam bidang importir dan kontraktor.



Arek Suroboyo ini lahir sejak era kependudukan Belanda atau tepatnya pada 21 Januari 1928. Usianya kurang lebih 17 tahun saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada usia ke-44 tahun, Darmo mendirikan perusahaan es krim bersama sang istri di balik garasi rumah mereka di Jalan Gembong Sawah, kota Surabaya.

Semula rintisan usaha mereka merupakan sebuah industri rumahan berbentuk firma bernama CV Pranoto, dengan merek dagang Campina. Perusahaan ini dibentuk pada 22 Juli 1972.

Satu dekade berselang, tepatnya pada 1982, perusahaan melakukan ekspansi dengan membuka pabrik di kawasan industri Rungkut atau Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).



Seiring meningkatnya volume perusahaan, pada 1994 perusahaan mengubah statusnya dari firma (CV) menjadi perseroan terbatas (PT) dengan nama PT Campina Ice Cream Industry.

Pada tahun tersebut, perusahaan juga mendapat suntikan investasi dari PT Ultrajaya Milk Industry yang milik keluarga Prawirawidjaja.

Pada 19 Desember 2017, Campina Ice Cream Industry resmi melaksanakan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode emiten CAMP.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)