Kekayaan Rusdi Kirana, Pemilik Lion Air hingga Super Air Jet

Selasa, 10 Mei 2022 - 18:58 WIB
loading...
Kekayaan Rusdi Kirana, Pemilik Lion Air hingga Super Air Jet
Kekayaan pengusaha Rusdi Kirana utamanya berasal dari bisnis penerbangan. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Kekayaan pengusaha Rusdi Kirana utamanya berasal dari bisnis penerbangan. Rusdi dan sang kakak Kusnan Kirana dikenal sebagai pendiri Lion Air , maskapai penerbangan bertarif murah yang beroperasi sejak 1999.

Dengan modal awal USD10 juta atau sekira Rp145 miliar saat ini (kurs Rp14.500 per dolar AS), Lion Air beroperasi dengan pesawat sewaan berjenis Boeing 737-300.

Dalam perkembangannya, tangan dingin dua bersaudara ini membuahkan gurita bisnis di sektor aviasi. Selain maskapai Lion Air, Grup Lion Air juga membawahi Batik Air, Wings Air, Malindo Air hingga Thai Lion Air.

Jangkauan penerbangannya pun tak hanya di kota-kota domestik melainkan sampai ke negeri jiran seperti Singapura, Penang, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, dan Seoul.

Teranyar, keluarga Kirana juga santer dikabarkan punya andil dalam pendirian maskapai penerbangan baru, Super Air Jet.

Dikutip dari Debtwire, Lion Mentari Airlines alias Lion Air dikabarkan telah menyuntikkan dana sekitar Rp968 miliar kepada maskapai berbiaya murah Super Air Jet dan layanan penerbangan charter baru Flyindo Aviasi Nusantara (FAN). Kedua maskapai konon dikendalikan oleh keluarga Kirana.

Menurut dua sumber yang mengetahui situasi tersebut, transaksi terjadi pada awal Februari 2021, ketika pembahasan soal restrukturisasi utang Lion Mentari terus tersendat.

Baca juga: Ternyata, Tarif Penerbangan Alternatif Batik Air Jakarta-Banda Aceh Ada yang Lebih dari Rp9,6 Juta

Super Air Jet beroperasi sejak pertengahan 2021, cukup mengejutkan di tengah banyaknya bisnis penerbangan yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Maskapai bertarif rendah ini pun mendapat respons positif pasar terutama milenial.

Beroperasinya maskapai baru ini seolah menggambarkan dominasi keluarga Kirana atas industri penerbangan Indonesia saat pulih dari pandemi Covid-19.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1774 seconds (11.252#12.26)