E-commerce Melejit, Perusahaan Logistik Tingkatkan Pelayanan Impor

Kamis, 12 Mei 2022 - 23:13 WIB
loading...
E-commerce Melejit, Perusahaan Logistik Tingkatkan Pelayanan Impor
Garuda Indonesia dan Perigi Logistics meresmikan penambahan fasilitas warehouse baru, Kamis (12/5/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Perigi Raja Terpadu (Perigi Logistics) hari ini meresmikan penambahan fasilitas gudang atau warehouse baru serta peningkatan sistem kemanan kepabeanan untuk layanan pasar logistik impor dan e-commerce.

Melalui layanan ini, pengiriman barang logistik import dan e-commerce akan ditunjang sistem dan peralatan terbaru yang terintegrasi dengan smart conveyer belt dan terhubung langsung dengan sistem bea cukai. Sehingga, proses pelayanan impor akan lebih cepat daripada sebelumnya.

Direktur Utama PT Perigi Raja Terpadu (Perigi Logistics) Indra Buana mengatakan, proses peningkatan layanan ini menjadi penting karena e-commerce telah menjadi sektor utama dalam kegiatan ekonomi dan menciptakan permintaan yang sangat pesat terhadap layanan logistik pengiriman barang.

Berbagai penyedia jasa logistik mencatatkan peningkatan pengiriman barang hingga 30% semenjak adanya pandemi Covid-19.

Menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, nilai transaksi e- commerce pada tahun 2030 diproyeksikan meningkat tajam.

E-commerce akan menguasai lebih dari 34% pasar digital Indonesia pada tahun 2030 atau menyumbang sebesar Rp1.908 triliun.

Hal ini akan diikuti oleh industri turunannya yaitu pelaku bisnis kepada mitra usaha (business-to-business/B2B) sebesar Rp763 triliun, di mana kegiatan logistik dan supply chain bakal masuk di dalamnya.



Indra Buana mengungkapkan, pengembangan layanan ini merupakan salah satu upaya untuk terus berinovasi memaksimalkan layanan pengiriman logistik yang aman dan terpercaya, guna menghadirkan aksesibilitas kargo yang seamless serta selaras dengan perkembangan pesat sektor e-commerce di Indonesia.

“Peningkatan layanan ini menjadi salah satu upaya kami dalam menghadirkan nilai tambah bagi para pengguna jasa kami, khususnya untuk pengiriman barang impor serta transaksi e-commerce,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Menurut dia, layanan tersebut dilengkapi dengan sistem keamanan tercanggih di Indonesia serta terintegrasi dengan serangkaian sistem penunjang pengiriman kargo.

Sehingga, dapat memperlancar arus lalu lintas barang yang tentunya dapat mengoptimalkan efisiensi waktu pendistribusian barang impor maupun kebutuhan pendistribusian produk ecommerce.

“Berangkat dari visi yang sama untuk memberikan layanan pengiriman barang impor serta e-commerce yang aman dan efektif, kerja sama ini diharapkan dapat mengoptimalkan layanan bea cukai dalam rangka peningkatan pertumbuhan pengiriman e-commerce di mana saat ini perkembangan logistic khususnya e-commerce sedang melesat tinggi," papar Indra.



Dengan tingginya pengiriman barang impor saat ini khususnya e-commerce, pengembangan sistem baru ini akan jauh lebih memudahkan proses penanganan barang pengiriman di warehouse perusahaan jasa titipan serta lebih cepat dan terukur. Sehingga, sistem data lebih dapat dimonitor dan diakses oleh para stakeholder yaitu pihak Bea dan Cukai.

“Proses menjadi lebih cepat, transparan dan terukur, serta yang lebih penting adalah Bea dan Cukai dapat melakukan pengawasan dan menerima pelaporan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) Online secara real time,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)