Industri Halal RI Tak Masuk 10 Besar Produsen Dunia, Erick Thohir: Ada yang Salah

Minggu, 15 Mei 2022 - 21:00 WIB
loading...
Industri Halal RI Tak Masuk 10 Besar Produsen Dunia, Erick Thohir: Ada yang Salah
Pemerintah terus mendorong industri halal di dalam negeri agar masuk 10 besar produsen dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tak ingin umat Islam di Indonesia hanya menjadi buih ekonomi. Namun, umat Islam harus menjadi fondasi ketahanan ekonomi.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Gaji Juragan BRILink Dua Kali Gaji Menteri

"Kita tidak mau umat yang mayoritas hanya menjadi buih dalam ekonomi Indonesia, tapi kita harus menjadi ombak yang menjaga fondasi negara kita," ungkap Erick dikutip Minggu (15/5/2022).

Menurutnya, pemerintah sejak awal memahami pentingnya kebangkitan ekonomi kerakyatan dan ekonomi umat. Karena itu, pemerintah terus mendorong industri halal di dalam negeri agar masuk 10 besar produsen dunia.

Saat ini Indonesia tidak masuk dalam daftar 10 besar produsen di dunia. Sementara negara seperti Taiwan, Amerika Serikat, hingga Brasil mencatatkan namanya dalam daftar tersebut.

Erick mengakui ada kesalahan manajerial, lantaran pemaksimalan pasar halal di dalam negeri belum secara masif dilakukan. Padahal, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

"Kita tidak bisa biarkan negara muslim terbesar tapi industri halal kita tidak masuk di 10 besar produsen dunia. Di sana ada Taiwan, AS, Brasil, tapi Indonesia tidak ada. Ada yang salah, tapi kita bukan saling menyalahkan, ini saatnya introspeksi membangun industri halal," ucapnya.



Erick menekankan pentingnya dunia ponpes bagi perekonomian Indonesia. Baginya, salah satu SDM terbaik Indonesia ada di ponpes yang menekankan pentingnya akhlak dan pendidikan karakter yang baik.

"Kekayaan tanpa akhlak menghasilkan kerakusan, kekuasaan tanpa akhlak adalah kezaliman, dan kepintaran tanpa akhlak adalah tipu daya," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2660 seconds (0.1#10.140)