Surakarta segera dipasangi 17.000 PJU Pintar

Selasa, 20 Agustus 2013 - 10:29 WIB
Surakarta segera dipasangi 17.000 PJU Pintar
Surakarta segera dipasangi 17.000 PJU Pintar
A A A
Sindonews.com - Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (Puslitbangtek KEBTKE), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Energi dan Sumber Daya Mineral dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta berencana menerapkan sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar di kota Surakarta seperti yang telah diimplementasikan di kota-kota besar di dunia seperti di Oslo, Milan dan Roma.

Sistem PJU Pintar nantinya akan dipasang di kurang lebih 17.000 titik PJU kota Surakarta secara bertahap. Dengan adanya sistem ini, biaya listrik PJU dapat dihemat sampai 65 persen.

Penghematan tersebut dengan jalan mengganti lampu yang terpasang saat ini (misal merkuri) yang mempunyai efisiensi rendah dengan lampu yang efisiensi lebih tinggi (misal lampu HPS, LED, atau induksi). Penggantian ini diperkirakan dapat menghemat sampai dengan 50 persen. Penggantian dapat berupa dari lampu 400W ke 250W dan lampu 250W menjadi 125W dengan kualitas terang yang sama.

"PJU Pintar ini juga akan dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi kondisi jalan protokol. Ketika jalan tersebut dalam kondisi sepi, maka PJU Pintar ini akan secara otomatis meredupkan cahaya lampunya, sehingga menghemat penggunaan energi," seperti dikutip dari rilis Puslitbangtek KEBTKE, Selasa (20/8/2013).

Disamping hemat akan energi, sistem ini juga juga hemat dalam hal operasionalnya. Apabila terjadi kerusakan pada unit PJU, sistem yang terhubung dengan sistem jaringan selular ini akan mengirimkan Short Message Service (SMS) secara otomatis langsung kepada petugas.
Selain kelebihan di atas, sistem PJU Pintar juga dilengkapi dengan alat smart kWh meter yang ditempatkan di setiap titik lampu yang berfungsi untuk mengirim informasi pemakaian energi di setiap lampu secara realtime, sehingga dapat diketahui apabila ada pencurian listrik.

Puslitbangtek KEBTKE Balitbang ESDM telah melakukan survei lapangan yang nantinya akan dijadikan titik pemasangan PJU Pintar. Selain Kota Surakarta, Balitbang ESDM juga sudah melakukan survei yang sama di Kota Bandung dan juga akan dilakukan pada beberapa kota lain atas permintaan pemerintah daerah setempat.

Bila seluruh sistem PJU di Indonesia menggunakan sistem PJU Pintar ini maka berpotensi menurunkan konsumsi energi listrik hingga 2.042 GWh dan mengurangi subsidi listrik hingga Rp2 triliun.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1585 seconds (0.1#10.140)