Imbas Inflasi, Wall Street Ditutup Melemah Khawatir Perlambatan Ekonomi Global

Kamis, 19 Mei 2022 - 07:04 WIB
loading...
Imbas Inflasi, Wall Street Ditutup Melemah Khawatir Perlambatan Ekonomi Global
Wall Street ditutup melemah tajam pada perdagangan Rabu (18/5/2022) waktu setempat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street ditutup melemah tajam pada perdagangan Rabu (18/5/2022) waktu setempat, dengan target kehilangan sekitar seperempat dari nilai pasar saham . Investor juga masih menyoroti kekhawatiran tentang ekonomi AS setelah pengecer menjadi korban terbaru dari lonjakan harga.

Mengutip Reuters, S&P 500 turun 4,04% untuk mengakhiri sesi di 3.923,68 poin. Sedangkan Nasdaq turun 4,73% menjadi 11.418,15 poin, sementara Dow Jones Industrial Average turun 3,57% menjadi 31.490,07 poin.

Penurunan ini adalah kerugian satu hari terburuk untuk S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average sejak Juni 2020. Laba kuartal pertama Target Corp turun setengah dan perusahaan memperingatkan margin yang lebih besar terkena kenaikan biaya bahan bakar dan pengiriman.

Sahamnya turun sekitar 25%, kehilangan sekitar USD25 miliar dalam kapitalisasi pasar, dalam sesi terburuk sejak kecelakaan Black Monday pada 19 Oktober 1987. Hasil peritel lainnya datang sehari setelah saingannya Walmart Inc memangkas perkiraan labanya. Indeks ETF Ritel SPDR S&P turun 8,3%.

"Kami pikir dampak yang berkembang pada pengeluaran ritel karena inflasi melebihi upah bahkan lebih lama dari yang diperkirakan orang merupakan faktor utama dalam menyebabkan aksi jual pasar hari ini," kata Paul Christopher, kepala strategi pasar global di Wells Fargo Investment Institute.



Menurutnya, peritel mulai mengungkapkan dampak mengikis daya beli konsumen. Saham pertumbuhan megacap sensitif suku bunga menambah penurunan baru-baru ini dan menarik S&P 500 dan Nasdaq lebih rendah. Amazon, Nvidia dan Tesla Inc turun hampir 7%, sementara Apple turun 5,6%.

Menurut Liz Young, kepala strategi investasi di SoFi, kontranya lebih besar daripada pro untuk saham pertumbuhan pada saat ini, dan pasar mencoba memutuskan seberapa buruk yang akan terjadi. "Pasar mengkhawatirkan enam bulan ke depan. Kami mungkin menemukan bahwa itu tidak perlu seseram ini, dan pasar cenderung bereaksi berlebihan pada sisi negatifnya," katanya.

Semua dari 11 indeks sektor S&P 500 turun, dengan consumer discretionary dan consumer staples memimpin lebih rendah, keduanya turun lebih dari 6%. Meningkatnya inflasi, konflik di Ukraina, gangguan rantai pasokan yang berkepanjangan, penguncian terkait pandemi di China dan pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral telah membebani pasar keuangan baru-baru ini, memicu kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global. Wells Fargo Investment Institute pada hari Rabu mengatakan pihaknya memperkirakan resesi ringan AS pada akhir 2022 dan awal 2023.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell berjanji pada hari Selasa bahwa bank sentral AS akan menaikkan suku bunga setinggi yang diperlukan untuk membunuh lonjakan inflasi yang katanya mengancam fondasi ekonomi. Pelaku pasar memperkirakan kenaikan suku bunga 50 basis poin oleh The Fed pada bulan Juni dan Juli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)