Ambil Cuan dari Gejolak Pasar Saham, Warren Buffett Tanam Duit Rp730 Triliun

Kamis, 19 Mei 2022 - 22:38 WIB
loading...
Ambil Cuan dari Gejolak Pasar Saham, Warren Buffett Tanam Duit Rp730 Triliun
Konglomerat Warren Buffett mengambil keuntungan dari pasar saham yang bergejolak. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Berkshire Hathaway Inc menambah investasi baru di Citigroup Inc dan beberapa perusahaan lain pada kuartal pertama. Konglomerat Warren Buffett mengambil keuntungan dari pasar saham yang bergejolak untuk menginvestasikan USD51,1 miliar (Rp730 triliun, kurs Rp14.300) yang sebagian besar telah disimpan dalam bentuk tunai.

Baca juga: Bill Gates dan Warren Buffet Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Wyoming

Melansir Reuters, Kamis (19/5/2022), dalam pengajuan peraturan yang menjelaskan investasi ekuitasnya yang terdaftar di AS per 31 Maret, Berkshire melaporkan saham baru di Ally Financial Inc, perusahaan bahan kimia dan bahan khusus Celanese Corp, perusahaan induk asuransi Markel Corp, distributor obat McKesson Corp dan Paramount Global, sebelumnya dikenal sebagai ViacomCBS.

Berkshire yang berbasis di Omaha, Nebraska, mengatakan telah menjual hampir semua saham Verizon Communications Inc senilai USD8,3 miliar yang telah dikumpulkannya pada akhir 2020.

Berkshire juga akhirnya keluar dari Wells Fargo & Co, sebuah investasi 33 tahun Buffett yang memburuk setelah merasa terlalu lambat untuk mengatasi pengungkapan bahwa karyawan telah memperlakukan pelanggan dengan buruk, termasuk dengan membuka akun yang tidak diinginkan.

Perusahaan Buffett mengakhiri investasi Maret setara dengan uang tunai USD106,3 miliar, turun dari rekor USD146,7 miliar tiga bulan sebelumnya, sebagian besar mencerminkan investasi baru. Ini termasuk saham yang diungkapkan sebelumnya di Chevron Corp dan Occidental Petroleum Corp, pembuat komputer dan printer HP Inc dan pembuat video game Activision Blizzard Inc, yang terakhir merupakan taruhan arbitrase.



Citigroup, tempat Berkshire menginvestasikan hampir USD3 miliar, telah memulai rencana multi-tahun untuk meningkatkan kinerja dan harga saham yang dalam beberapa tahun terakhir telah tertinggal dari saingan yang lebih besar, JPMorgan Chase & Co dan Bank of America Corp, yang terakhir merupakan investasi besar Berkshire.

Beberapa investor telah menggambarkan Markel sebagai versi skala kecil dari Berkshire, dan Buffett pada bulan Maret berkomitmen USD11,6 miliar untuk membeli perusahaan induk asuransi lain yang sesuai dengan deskripsi itu, Alleghany Corp.

Berkshire juga memiliki beberapa perusahaan yang berspesialisasi dalam sektor Celanese. Mereka tidak mengatakan investasi mana yang dilakukan oleh Buffett dan manajer portofolionya Todd Combs dan Ted Weschler.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1853 seconds (11.252#12.26)