Ini Potret Perusahaan yang Jadi Pilihan Pekerja

Kamis, 19 Mei 2022 - 23:59 WIB
loading...
Ini Potret Perusahaan yang Jadi Pilihan Pekerja
Setiap perusahaan berusaha menjadi pilihan para pekerja. Foto/Ilustrasi/medium.com
A A A
JAKARTA - Di era menantang akibat disrupsi tekonolgi dan pandemi ini menjadi perusahaan idaman (employer of choice) merupakan impian banyak perusahaan. Perusahaan berlomba menjadi pelabuhan karier bagi parajob seekersyang kini didominasi generasi milenial .

Baca juga: Perkembangan Teknologi Smart City Tingkatkan Pembangunan di Daerah

Di sisi lain, menjadiemployer of choicetidak cukup hanya dengan menyediakan gaji danbenefityang menggiurkan. Perusahaan juga dituntut lebih memperhatikan kondisiwell-beingkaryawan dan aspek humanis lainnya.

Maklum, kaum milenial ini cenderung tidak ingin terikat bekerja kantoran nine to five (jam 09.00 -17.000, suka bekerja mobile di mana saja,digital savvydan lainnya. Intinya, pola kerja milenial berbeda dengan generasi sebelumnya seperti Gen X atau Gen Y.

Ini Potret Perusahaan yang Jadi Pilihan Pekerja


Menyikapi perkembangan itu, SWA Group dan Korn Ferry mengadakan survei dengan tema ‘Employer of Choice (EOC) 2021’ pada Oktober 2021-Februari 2022. Riset tersebut adalah agenda dua tahunan, dan tahun ini merupakan survei EOC yang ke-8.



Metode survei dilakukan 80% dengan tatap muka dan 20% melalui surat elektronik (e-mail)/telepon. Adapun untuk tempat survei, 1.628 responden (33%) berasal dari Jabodetabek. Dan, sebanyak 3.257 responden lagi dari luar Jabodetabek: 24% dari Bandung, 21% dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta 22% dari Jawa Timur.

“Sebagaimana tahun sebelumnya, survei ini bertujuan memotret perusahaan dari dua variabel utama, yaitu kemampuan perusahaan menciptakanengagementdanenablement. Setiap variabel memiliki 6 dimensi sehingga secara keseluruhan mencakup 12 dimensi,” jelas Kemal E. Gani Group Chief SWA di Jakarta (19/5/2022).

Peserta survei EOC 2021 ada 21 perusahaan yang mengizinkan karyawannya disurvei untuk menilai pelaksanaan 12 dimensi tersebut. Responden diminta memberikan penilaian berdasarkan pengalaman selama mereka bekerja di perusahaan masing-masing. Yang menjadi responden survei adalah karyawan mulai dari level staf hingga satu lapis di bawah direksi. Dalam pelaksanaannya, karyawan diundang untuk menjawab pertanyaan survei melalui surat elektronik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1246 seconds (10.55#12.26)