Ini Potret Perusahaan yang Jadi Pilihan Pekerja

Kamis, 19 Mei 2022 - 23:59 WIB
loading...
Ini Potret Perusahaan yang Jadi Pilihan Pekerja
Setiap perusahaan berusaha menjadi pilihan para pekerja. Foto/Ilustrasi/medium.com
A A A
JAKARTA - Di era menantang akibat disrupsi tekonolgi dan pandemi ini menjadi perusahaan idaman (employer of choice) merupakan impian banyak perusahaan. Perusahaan berlomba menjadi pelabuhan karier bagi parajob seekersyang kini didominasi generasi milenial .



Di sisi lain, menjadiemployer of choicetidak cukup hanya dengan menyediakan gaji danbenefityang menggiurkan. Perusahaan juga dituntut lebih memperhatikan kondisiwell-beingkaryawan dan aspek humanis lainnya.

Maklum, kaum milenial ini cenderung tidak ingin terikat bekerja kantoran nine to five (jam 09.00 -17.000, suka bekerja mobile di mana saja,digital savvydan lainnya. Intinya, pola kerja milenial berbeda dengan generasi sebelumnya seperti Gen X atau Gen Y.

Ini Potret Perusahaan yang Jadi Pilihan Pekerja


Menyikapi perkembangan itu, SWA Group dan Korn Ferry mengadakan survei dengan tema ‘Employer of Choice (EOC) 2021’ pada Oktober 2021-Februari 2022. Riset tersebut adalah agenda dua tahunan, dan tahun ini merupakan survei EOC yang ke-8.

Metode survei dilakukan 80% dengan tatap muka dan 20% melalui surat elektronik (e-mail)/telepon. Adapun untuk tempat survei, 1.628 responden (33%) berasal dari Jabodetabek. Dan, sebanyak 3.257 responden lagi dari luar Jabodetabek: 24% dari Bandung, 21% dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta 22% dari Jawa Timur.

“Sebagaimana tahun sebelumnya, survei ini bertujuan memotret perusahaan dari dua variabel utama, yaitu kemampuan perusahaan menciptakanengagementdanenablement. Setiap variabel memiliki 6 dimensi sehingga secara keseluruhan mencakup 12 dimensi,” jelas Kemal E. Gani Group Chief SWA di Jakarta (19/5/2022).

Peserta survei EOC 2021 ada 21 perusahaan yang mengizinkan karyawannya disurvei untuk menilai pelaksanaan 12 dimensi tersebut. Responden diminta memberikan penilaian berdasarkan pengalaman selama mereka bekerja di perusahaan masing-masing. Yang menjadi responden survei adalah karyawan mulai dari level staf hingga satu lapis di bawah direksi. Dalam pelaksanaannya, karyawan diundang untuk menjawab pertanyaan survei melalui surat elektronik.

Dalam Job Seeker Survey 2022 ini juga ditampilkan Respons Khusus Mahasiswa dengan menjaring 4.000 responden mahasiswa yang menghasilkan Top 10 Best Industry, Top 10 Best Workplace (Top of Mind), dan Top 10 Best Workplace (KF Participants). Ketiga kategori tersebut kemudian dirinci berdasarkan universitas tempat para mahasiswa (responden) kuliah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3036 seconds (0.1#10.140)