Menparekraf Sandiaga Uno: Gedung UMKM Halal Hub Sumenep Percepat Kebangkitan Ekonomi & Buka Lapangan Kerja

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:57 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno: Gedung UMKM Halal Hub Sumenep Percepat Kebangkitan Ekonomi & Buka Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno ikut dalam kegiatan pelaku UMKM di Sumenep, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
SUMENEP - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap Gedung UMKM Halal Hub yang berlokasi di Taman Tajamara, Sumenep, Jawa Timur, dapat membuka lapangan kerja yan lebih luas, sehingga masyarakat kembali sejahtera dan kebangkitan ekonomi dapat terwujud.

Baca juga: Gercep! Arab Saudi Larang Perjalanan ke RI, Sandiaga Uno Langsung Komunikasi dengan Menpar Arab Saudi

Menparekraf Sandiaga, dalam acara peresmian Gedung UMKM Halal Hub, Sumenep, Selasa (24/5/2022) mengapresiasi kerja sama antara Pemerintah Daerah Sumenep dengan Goorita.com dalam menghadirkan ruang untuk membantu pengembangan produk UMKM di Sumenep.

"Hal ini tentu sesuai dengan arahan Wakil Presiden RI yang menargetkan posisi Indonesia sebagai pusat produk halal dunia," ujar Menparekraf.

Gedung UMKM Halal Hub sendiri menyediakan fasilitas konsultasi pengembangan produk dengan dinas terkait. Tidak hanya itu, di sini juga ada ruang khusus untuk memberikan pelatihan mulai dari penyampaian materi pengemasan hingga pemasaran produk UMKM. Dan beragam produk kemasan juga ditampilkan di gedung tersebut.

"Semoga fasilitas ini akan membawa berkah, membangkitkan ekonomi, membuka lapangan kerja, melahirkan ide-ide dan inovasi baru agar Indonesia semakin sejahtera," kata Menparekraf.

Menparekraf didampingi Bupati Sumenep Ahmad Fauzi juga berkesempatan untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Kemasan yang nantinya difungsikan sebagai rumah kreatif dalam mengoptimalkan produk UMKM Sumenep. Karena kemasan atau packaging merupakan hal yang pertama dilihat dan mampu menarik minat wisatawan untuk membeli sebuah produk.



Lebih lanjut Menparekraf menjelaskan, pihaknya memiliki beberapa program yang dapat dikolaborasikan, seperti program BEDA'KAN (Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara), di mana pelaku ekonomi kreatif diberikan pelatihan dan pendampingan dalam menciptakan desain kemasan yang kreatif, sehingga terdapat nilai tambah dan daya tarik terhadap produk yang dihasilkan.

"Kita perlu meningkatkan dari segi kemasan produk hingga pemasaran dengan kerja sama bersama dengan Kemenparekraf," kata Menparekraf.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (11.97#12.26)