Resmikan Rumah Kreatif Belitung, Sandiaga Uno Berbagi Kiat Merintis Usaha

Minggu, 29 Mei 2022 - 13:00 WIB
loading...
Resmikan Rumah Kreatif Belitung, Sandiaga Uno Berbagi Kiat Merintis Usaha
Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbagi kisah 25 tahun jatuh bangun merintis usaha. FOTO/MNC Media
A A A
BANGKA BELITUNG - Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbagi kisah 25 tahun jatuh bangun merintis usaha. Pengalaman tersebut dibagikan saat memberikan pelatihan sekaligus meresmikan Rumah Kreatif Belitung yang dibina oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira).

"Saya memberikan pelatihan UMKM berdasarkan pengalaman saya 25 tahun lalu di mana saya memulai usaha pasca krisis. Ternyata di balik krisis banyak peluang usaha yang bisa ditekuni menuju masa adepan yang lebih gemilang," kata dia, di Bangka Belitung, baru-baru ini.

Baca Juga: Ikuti Belitung Triathlon 2022 Bersama Peserta dari 7 Negara, Sandiaga Uno: Terpesona, Track Menantang & Indah!

Sandiaga memberikan kiat untuk menjadi pengusaha sukses. Di era digitalisasi inovasi menjadi kunci keberhasilan. Di samping etos kerja yang kuat dan berani mengambil risiko. "Selain itu, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas kunci penting membangun usaha," kata dia.

Sebagaimana diketahui, Rumah Kreatif Belitung tersebut digunakan sebagai pelatihan keterampilan warga setempat. Sandiaga memberikan pelatihan membantu membuka peluang bisnis di era digital.

"Oktober nanti akan ada tour 250 kilometer. Diharapkan masyarakat pada kegiatan tersebut dapat menyuguhkan produk-produk kreatif. Sehingga para wisatawan tertarik membeli tidak hanya sekrdar melihat," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Relawan Gemawira Bangka Belitung Haryanto berharap melalui kegiatan tersebut masyarakat dapat lebih meningkatkan kreatifitas dan membuka peluang usaha. "Semoga kawan-kawan yang belum ada pekerjaan terbantu dengan acara ini. Kami akan tetap berkolaborasi dengan pemerintah desa," jelasnya.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Karya Kreatif Indonesia 2022 untuk Percepat Kebangkitan Ekonomi

Pihaknya juga memberikan pelatihan bagaimana memasarkan produk. Ia berharap produk-produk tersebut tidak hanya menarik minat dalam negeri tapi juga bisa ekspor. "Harapan kami untuk kawan-kawan produknya bisa dikual ke luar negeri dan kita lakukan seleksi. Artinya produk - produk yang kita buat memang dibutuhkan di luar negeri," jelasnya.

Dia mengungkapkan sebelumnya ada sejumlah produk yang telah di eskpor ke luar negeri seperti sedotan purun yang terbuat dari tanaman liar atau rumput liar. Sebagai informasi, pelatihan Gawira Bangka Belitung ditujukan bagi semua pelaku UMKM di Bangka Belitung.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1301 seconds (10.177#12.26)