Masuk ke Ekosistem Digital, Edukasi UMKM Perlu Diperkuat

Minggu, 29 Mei 2022 - 21:35 WIB
loading...
Masuk ke Ekosistem Digital, Edukasi UMKM Perlu Diperkuat
Edukasi literasi digital perlu terus ditingkatkan. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Transformasi digital kini menjadi syarat mutlak bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bertahan dan terus bangkit usai pandemi. Akselerasi digital salah satunya dapat dilakukan pelaku usaha dengan mengikuti program edukasi literasi digital.

"Transformasi digital mendorong perubahan di berbagai sektor termasuk UMKM. Tak kalah penting ialah literasi digital sebagai modal utama beradaptasi dengan era digitalisasi," ujar Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Laksono dalam acara Webinar Aptika Kominfo, di Jakarta, baru-baru ini.



Dia berharap edukasi literasi digital semakin banyak pelaku usaha yang bisa memanfaatkan platform dalam jaringan (daring) untuk memperluas usaha dan meningkatkan omzet. Melalui pelatihan dan pendampingan diharapkan menjadi upaya yang dapat membantu UMKM untuk naik kelas.

"Transformasi digital mendorong perubahan di berbagai sektor. Tak hanya UMKM, tapi juga pendidikan, usaha mikro dan kesehatan," jelasnya.

Menurut dia tantantan di era digital saat ini kurangnya tenaga terampil. Sebab itu, anak-anak muda perlu didorong mengembangkan kreativitas, inovatif dan terus mampu menggali potensi diri untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.



"Keterampilan digital bagi pelaku usaha hingga pasar kerja menjadi syarat utama saat ini dan masa depan. Selain adaptif, masyarakat juga harus kreatif, solutif, serta inovatif. " kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)