Dagangan Peroleh Pendanaan Rp95,2 Miliar, Dipimpin BTPN Syariah Ventura

Jum'at, 03 Juni 2022 - 14:12 WIB
loading...
Dagangan Peroleh Pendanaan Rp95,2 Miliar, Dipimpin BTPN Syariah Ventura
Startup rural e-commerce, Dagangan, hari ini memperoleh pendanaan Pra-Seri B senilai USD6,6 juta atau senilai Rp95,2 miliar.
A A A
JAKARTA - Startup rural e-commerce, Dagangan, hari ini memperoleh pendanaan Pra-Seri B senilai USD6,6 juta atau senilai Rp95,2 miliar (kurs Rp14.435 per dolar AS). Pendanaan ini dipimpin BTPN Syariah Ventura dengan partisipasi dari investor lainnya, termasuk Monk’s Hill Ventures dan Hendra Kwik, CEO Payfazz, perusahaan fintech yang melayani UMKM dan masyarakat unbanked di Indonesia.

Investasi strategis ini akan digunakan oleh Dagangan untuk meneruskan ekspansi bisnis serta meningkatkan kapabilitas tim pengembangan produk dan teknologi. Dagangan juga akan bekerja sama dengan institusi keuangan lainnya untuk mengembangkan layanan finansial.

“Kami memiliki aspirasi agar dapat melayani masyarakat hingga ke daerah pelosok sehingga perekonomian di desa dapat tumbuh secara signifikan,” kata CEO dan Co-founder Dagangan, Ryan Manafe dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/6/2022).

(Baca juga:Startup Dagangan Berikan Masyarakat Perdesaan Kemudahan Berbelanja seperti di Kota)

Pendanaan yang dipimpin oleh BTPN Syariah Ventura ini, kata Ryan, bukan sekedar investasi semata, namun ini adalah permulaan dari ikhtiar bersama untuk memperkuat ekosistem digital yang inklusif bagi masyarakat Indonesia ke depannya.

Ryan menambahkan, Dagangan telah bermitra dengan BTPN Syariah (perusahaan induk BTPN Syariah Ventura) sejak 2020. “Kami melihat semangat yang sama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia di pelosok. Melalui pendanaan ini, BTPN Syariah Ventura memberikan kami akses terhadap ekosistem yang mereka miliki, sehingga memberi kami kesempatan memperluas bisnis, termasuk memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk mendapatkan akses dan layanan keuangan terbaik,” katanya.

(Baca juga:Perluas Layanan di Bulan Ramadan, Startup Dagangan Bantu Stabilitas Harga Sembako)

Dagangan merupakan platform e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari sembako, bahan makanan segar dan beku, hingga produk fashion. Dagangan juga memberikan layanan pengantaran barang belanjaan di hari yang sama dan keesokan harinya.

Dagangan membangun model bisnis yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat berbelanja melalui berbagai channel. Baik secara langsung melalui platform Dagangan, maupun melalui jaringan reseller dan pihak ketiga yang bekerja sama dengan Dagangan.

Berbasis di Yogyakarta, Dagangan menggunakan model hub-and-spoke dalam operasional bisnisnya. Startup ini membangun pusat pengadaan kebutuhan pokok atau micro fulfilment center (hub) di kota-kota tier 3-4 dan wilayah perdesaan sehingga biaya logistik menjadi lebih efisien.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)