Tiga Negara Pemilik Aspal Terbesar di Dunia, Nomor 1 Ternyata Malah Impor

Sabtu, 04 Juni 2022 - 11:09 WIB
loading...
Tiga Negara Pemilik Aspal Terbesar di Dunia, Nomor 1 Ternyata Malah Impor
Aspal Buton merupakan aspal alami terbesar yang ada di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tak dinyana, Indonesia ternyata satu dari dua negara penyimpan harta karun yang sangat dibutuhkan dunia. Indonesia merupakan negara pemilik cadangan aspal terbesar di dunia.



Eits tunggu dulu, aspal yang dimaksud adalah asal alami. Ya aspal yang ada dunia ini memang bisa berasal dari dua sumber, alami dan buatan. Aspal alam adalah suatu mineral mentah, sedangkan aspal minyak adalah hasil turunan dari minyak bumi.

Aspal sangat dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur, terutama jalan. Kemampuan merekatkan pasir dan kerikil sekaligus menahan air membuat bahan tambang ini banyak digunakan untuk pembangunan jalan.

Memang sekarang pembangunan jalan bisa menggunakan beton cor. Tapi, ketika jalan beton itu rusak atau rompal, aspal-lah yang digunakan untuk memperhalus kembali permukaan jalan. Jika mengecornya kembali tentu akan membutuhkan waktu dan biaya yang besar.

Nah jika mengacu pada aspal alam, maka di dunia ini ada beberapa negara yang diketahui menjadi pemilik dan penghasil aspal terbesar di dunia. Siapa saja mereka?



1. Indonesia

Indonesia digadang-gadang menjadi negara pemilik cadangan aspal alami terbesar di dunia. Tambang aspal alami Indonesia berada di Pulau Buton. tPulau di bagian tenggara Sulawesi ini menyimpan 80 persen total cadangan aspal dunia. Cadangan aspal yang berada di Pulau Buton diperkirakan mencapai 750 juta ton. Tahun lalu produksi aspal Buton ditargetkan sekitar 705 ribu ton, atau sepertiga dari total kapasitas terpasang yang sebanyak 1,99 juta ton per tahun.

Sayangnya, meski memiliki cadangan aspal alami terbesar di dunia, produksi Indonesia tak mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut aspal yang diimpor Indonesia mencapai 1,3 juta ton. Sialnya, aspal yang diimpor itu aspal dari minyak bumi. Jumlah itu mencatatkan Indonesia masuk dalam negara ke-10 importir aspal terbesar di dunia (2018).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9137 seconds (0.1#10.140)