Harga Tiket Candi Borobudur Dipatok Rp750.000, Alvin Lie: Di Luar Jangkauan Turis Lokal

Minggu, 05 Juni 2022 - 14:41 WIB
loading...
Harga Tiket Candi Borobudur Dipatok Rp750.000, Alvin Lie: Di Luar Jangkauan Turis Lokal
Rencana perubahan harga tiket masuk ke Candi Borobudur menjadi Rp750.000 untuk wisatawan lokal dipertanyakan, lantaran dinilai di luar jangkauan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Rencana perubahan harga tiket masuk ke Candi Borobudur dipertanyakan, lantaran dinilai terlalu mahal. Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis domestik bakal menjadi Rp750.000.



Mantan anggota Ombudsman RI, Alvin Lie mempertanyakan keputusan pemerintah tersebut apakah sudah melalui kajian yang akuntabel. Karena menurutnya ini akan memberatkan turis lokal.

“Apakah keputusan tentang harga tiket Borobudur ini didukung kajian yang akuntabel? Rp 750 ribu jelas di luar jangkauan turis lokal,” ujarnya melalui akun Twitter pribadinya, Minggu (5/6/2022).

Menurut Alvin, langkah ini secara tersirat menghambat turis lokal yang akan berkunjung ke Candi Borobudur. "Itu baru tiket masuk lho. Belum biaya transport, makan, cinderamata dan sebagainya," tulis Alvin.



Sebelumnya Menko Luhut menulis postingan di Instagram pribadinya terkait penetapan harga tiket masuk Candi Borobudur. Menurutnya langkah ini diambil semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara.

Selain menetapkan harga USD100 untuk wisatawan asing dan Rp750.000 untuk wisatawan lokal, Menko Luhut juga berencana membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari. Terang dia, semua turis nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitaran Borobudur.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)