Luhut Tunda Harga Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu Usai Dibisikin Ganjar, Kok Bisa?

Rabu, 08 Juni 2022 - 11:15 WIB
loading...
Luhut Tunda Harga Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu Usai Dibisikin Ganjar, Kok Bisa?
Menko Luhut sepakat menunda wacana penerapan harga tiket naik ke area stupa di Candi Borobudur Rp750 ribu usai bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo. Ini Alasannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan telah sepakat untuk menunda wacana penerapan rencana kenaikan harga tiket naik ke area stupa di Candi Borobudur .



Juru Bicara KemenkoMarves Jodi Mahardi menyampaikan Pemerintah akan melakukan pengkajian ulang hingga pencarian skema terbaik untuk melakukan penataan di Kawasan Candi Borobudur.

“Pak Menko Luhut dan pak Ganjar sepakat bahwa penataan di kawasan Candi Borobudur memang harus terus dilakukan. Tapi mengenai soal naiknya tarif Pak Menko sudah sepakat ditunda dulu,” kata Jodi Mahardi saat dihubungi MNC PORTAL INDONESIA, Rabu (8/6/2022).

Adapun Jodi menyampaikan sejumlah skema terbaik akan terus dilakukan Pemerintah untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas Candi Borobudur.

“Maka dari itu akan dicarikan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas candi. Baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain seperti salah satunya penentuan tarif masuk,” tambahnya.



Sebelumnya Luhut melontarkan rencana harga tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp750.000 untuk wisatawan lokal, dan USD100 untuk wisatawan mancanegara. Salah satu alasannya, untuk menjaga dan melestarikan Candi Borobudur. Keputusan itu sendiri masih belum final, dan masih dikaji kembali.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo menilai perlu dilakukan beberapa langkah sebelum akhirnya diberlakukan kenaikan tarif. Terlebih, banyak masyarakat yang melayangkan protes.

“Iya betul, Saya sampaikan kepada pak Luhut, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu,” kata Ganjar saat dihubungi MNC PORTAL, Rabu (8/6/2022).

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)