Penipuan Berkedok Bank BCA Ramai di Instagram, Hati-hati Begini Modusnya

Rabu, 08 Juni 2022 - 19:42 WIB
loading...
Penipuan Berkedok Bank BCA Ramai di Instagram, Hati-hati Begini Modusnya
Penipuan Berkedok Bank BCA Ramai di Instagram. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengimbau nasabah karena marak penipuan melalui telepon atau WhatsApp yang mengatasnamakan BCA dan iklan Akun BCA Palsu di media sosial khususnya di Instagram yang menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas.

Selain itu, terdapat penipuan yang menawarkan apply kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip dengan tujuan penipuan pada aplikasi BCA mobile atau kartu kredit. Direktur BCA Haryanto T. Budiman mengatakan pihaknya memang mencermati bahwa belakangan ini cybercrime sering terdengar seiring semakin pesatnya perkembangan digital.

"Hal ini patut diwaspadai oleh nasabah karena Bank tidak pernah meminta data pribadi Anda. Jangan pernah memberikan data pribadi Anda kepada siapapun," ujar Haryanto dalam keterangan resmi, Rabu (8/6/2022).



Salah satu jenis cybercrime yang kerap terjadi adalah penipuan online seperti dengan munculnya iklan di media sosial dan meminta data pribadi nasabah seperti nomor kartu kredit, PIN, OTP, dan lainnya.

Senada, EVP Individual Customer Business Development BCA, Adrianus Wagimin menambahkan, maraknya penipuan di media sosial seperti di Instagram yang menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas mendorong pihaknya untuk secara berkelanjutan dan konsisten memberikan edukasi kepada nasabah untuk senantiasa berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang ada.

"Sebagai informasi, nasabah BCA Solitaire dan Prioritas merupakan suatu keanggotaan (membership) yang bersifat exclusive dan undangan," jelas Adrianus.



Oleh sebab itu, menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, tidak hanya berdasarkan nominal deposito atau tabungan nasabah di BCA

"Jika Anda telah menjadi korban penipuan, silakan laporkan ke Halo BCA di 1500888 atau lewat Aplikasi HaloBCA. Yuk kita bersama-sama agar akun-akun palsu tersebut tidak kian merajalela mencari korban. Jika menemukan nomor telepon atau WhatsApp BCA palsu, segera laporkan ke Halo BCA di 1500888," tutup Adrianus.

Jika menemukan akun-akun palsu BCA di Instagram Ads, selain melaporkan ke akun resmi Instagram BCA (@GoodlifeBCA), nasabah juga bisa melaporkannya ke Instagram agar akun mereka di takedown.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)