Hotel Penuh Sambut GTRA di Wakatobi, Sandiaga Uno Optimistis Ekonomi Bangkit dan Buka Lapangan Kerja

Kamis, 09 Juni 2022 - 07:08 WIB
loading...
Hotel Penuh Sambut GTRA di Wakatobi, Sandiaga Uno Optimistis Ekonomi Bangkit dan Buka Lapangan Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (dua kiri) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil (kanan) saat berada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu (8/6/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik pelaksanaan program Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang dibuka perdana di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu (8/6/2022).

"Hari ini saya hadir di Wakatobi untuk menghadiri sambung rasa GTRA Summit 2022 di Patuno Resort Wakatobi. Ini adalah bagian dari kebangkitan pariwisata dan ekonomi," kata Sandiaga, dikutip Kamis (9/6/2022).

Menurut Sandiaga, GTRA amat penting untuk masyarakat di daerah pelosok dan terpencil yang belum terjangkau program sertifikasi tanah pemerintah.

"Bagaimana pariwisata bisa lebih berkualitas, berkelanjutan, dan tentunya saya teringat kunjungan Hernando Desoto beberapa tahun lalu ke Jakarta. Di mana masalah tanah ini jika tersertifikasi tiba-tiba peluang untuk keluar dari kemiskinan yang absolut terutama bagi masyarakat di pesisir ini bisa dicarikan solusinya," tuturnya.

Menparekraf menyampaikan terima kasih karena program GTRA tersebut merupakan bagian dari penciptaan peluang untuk menyejahterakan masyarakat dan membangkitkan ekonomi.

"Tahun lalu, Wakatobi memuncaki dengan Desa Wisata Lia Togo. Kita mencatat berdasarkan data yang dikumpulkan Kemenparekraf kunjungan ke desa wisata naik 30% di tengah pandemi," ungkapnya.



Dengan melihat indikator tersebut, Sandiaga melihat ada aspek pergeseran pariwisata yang personalize, customize, localize, smaller in size sudah terjadi.

Pariwisata yang berbasis alam dan kearifan lokal budaya kata Sandiaga Uno menjadi daya tarik utama sektor pariwisata di Indonesia.

"Hari ini, saya di Bau-bau ada desa wisata Limololio, di situ yang dijual adalah sejarah. Sejarah demokrasi Indonesia juga dimulai kebetulan di kota Bau-bau tersebut. Ini kita kemas dan kita buatkan travel plan-nya, dan kita lihat disini kebangkitannya," lanjut Sandiaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)