PTK Raih Peringkat Hijau di PROPERDA Kaltim 2021-2022

Kamis, 09 Juni 2022 - 14:14 WIB
loading...
PTK Raih Peringkat Hijau di PROPERDA Kaltim 2021-2022
Penghargaan PROPER Hijau diberikan oleh Gubernur Kalimantan Timur, H Isran Noor kepada General Manager PSTB M Akbar Thaib, di Hotel Grand Mercure, Samarinda. Foto/Ist .
A A A
JAKARTA - Peteka Shorebase Tanjung Batu (PSTB), salah satu unit bisnis utama dari Pertamina Trans Kontinental (PTK) yang beroperasi di wilayah Balikpapan, berhasil meraih Proper Hijau. Capaian ini disebut membuktikan meningkatnya komitmen Perwira PSTB dalam pengelolaan lingkungan di Balikpapan, yang pada tahun sebelumnya mendapatkan Proper Biru.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Kegiatan (PROPERDA) diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada 6 Juni 2022 untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Penghargaan kepada PTK ini diberikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, H Isran Noor kepada General Manager PSTB M Akbar Thaib, di Hotel Grand Mercure Samarinda.



Proper merupakan kegiatan bersinergi dengan instrumen penataan lingkungan yang bertujuan meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Raihan Proper Hijau oleh PSTB ini menandakan perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari peraturan perundangan yang berlaku, baik dalam sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi, penerapan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) limbah padat maupun B3, hingga kontribusi pada perlindungan keanekaragaman hayati.

Akbar Thaib menyampaikan bahwa Proper Hijau ini adalah bukti semangat continuous improvement yang selalu dilakukan oleh Perwira PSTB dalam menjalankan sistem manajemen HSSE, terutama dalam aspek Lindungan Lingkungan.

“Hal ini juga menunjukkan komitmen kuat dari tim manajemen PSTB untuk selalu mematuhi regulasi K3L dalam menjalankan aktivitas shorebase service. Dengan diraihnya proper hijau ini juga menunjukkan komitmen PTK khususnya PSTB untuk selalu comply terhadap lingkungan yang sekaligus mendukung kebijakan dan komitmen pemerintah daerah dan stakeholders lainnya," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (9/6/2022).

Baca Juga: Isu Reshuffle 15 Juni Gerindra Dapat Bocoran A1 dari Sumber Istana, Ini Isinya

Direktur Pemasaran PTK Imam Bustomi mendorong PSTB untuk terus berupaya meningkatkan pencapaian PROPERDA ke depannya menjadi PROPER Emas, serta mendorog PTSB mengikuti Proper tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan diraihnya proper hijau ini juga menunjukkan komitmen PTK khususnya PSTB terhadap compliance terhadap lingkungan yang sekaligus mendukung kebijakan dan komitmen pemerintah daerah dan stakeholders lainnya

"Ikut sertanya PSTB dalam program ini menunjukkan bahwa PTK berkomitmen kuat dalam aspek HSSE dalam mencegah pencemaran lingkungan serta kecelakaan kerja sehingga dapat meningkatkan kepercayaan para klien, yakni pengguna jasa Shorebase Tanjung Batu pada khususnya dan pengguna jasa PTK pada umumnya," ujar Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)