Waspadai Angka Covid Naik Lagi, Luhut Beberkan Sejumlah Strategi

Minggu, 12 Juni 2022 - 10:30 WIB
loading...
Waspadai Angka Covid Naik Lagi, Luhut Beberkan Sejumlah Strategi
Menko Luhut B. Pandjaitan mewaspadai kenaikan kembali kasus Covid-19. Foto/instagram
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, akhir pekan ini terjadi kembali kenaikan kasus Covid yang signifikan di beberapa negara yang disebabkan oleh subvarian BA.4 dan BA.5 .



Luhut telah mendapatkan informasi bahwa peningkatan kasus yang disebabkan oleh varian ini berdasarkan pengalaman negara lain jauh lebih rendah dari Omicron dan dibandingkan momen Lebaran atau Natal kenaikannya juga relatif jauh lebih rendah.

“Meskipun kasus meningkat dalam seminggu terakhir, kabar baiknya adalah positivity rate di Indonesia masih relatif lebih rendah di 1,44% di bawah standar WHO, yakni < 5%,” kata Menko Luhut dalam akun instagram resmi, dikutip Minggu (12/6/2022).

Pemerintah telah sepakat menunggu hingga bulan Juli apabila kasus meningkat signifikan maka berbagai upaya mitigasi harus segera diberlakukan.



“Di pagi ini juga, saya mendengarkan dengan hati-hati langkah apa yang seharusnya kita lakukan. Saya meminta pandangan para ahli dan juga menteri terkait,” urainya.

“Yang menenangkan bagi saya ialah hasil serosurvey yang dilakukan di Jawa Bali berhasil melihat bahwa kadar antibodi masyarakat masih cukup tinggi. Namun, hal ini tidak boleh menjadi alasan untuk kita berhenti melakukan langkah-langkah pencegahan,” bebernya.

Meski begitu, Luhut telah memerintahkan langsung kepada seluruh pihak terkait yakni Menkes, TI dan Polri, Ka BNPB hingga pemerintah daerah untuk kembali turun ke lapangan menjangkau masyarakat yang belum melakukan vaksinasi booster.

“Jadi dengan menempuh berbagai cara termasuk pelayanan dari pint ke pintu mengingat akselerasi vaksinasi booster bergerak cukup lambat akhir-akhir ini,” tambahnya.



Luhut pun meminta dari lubuk hati yang paling dalam bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap hingga booster agar segera dapat melakukannya sehingga kita dapat terus mempertahankan kondisi baik seperti hari ini.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)