Dunia Bakal Menghadapi Krisis Pangan dan Kelaparan yang Parah, Zelensky Kasih Peringatan

Senin, 13 Juni 2022 - 10:35 WIB
loading...
Dunia Bakal Menghadapi Krisis Pangan dan Kelaparan yang Parah, Zelensky Kasih Peringatan
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memperingatkan, bahwa dunia akan menghadapi krisis pangan yang parah, ketika perang Rusia di negaranya berlarut-larut. Foto/Dok
A A A
SINGAPURA - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memperingatkan, bahwa dunia akan menghadapi ' krisis pangan yang parah', ketika perang Rusia di negaranya berlarut-larut. Hal ini disampaikan Zelensky secara virtual saat berbicara dalam Dialog Shangri-La di Singapura, akhir pekan kemarin.



Zelensky menerangkan, kepada para delegasi bahwa negaranya tidak dapat mengekspor cukup makanan karena blokade Rusia di pelabuhan Laut Hitam, yang mencegah ekspor dikirim ke negara lain.

"Dunia akan menghadapi krisis dan kelaparan pangan yang akut dan parah," ungkapnya kepada 575 delegasi dari 40 negara pada dialog itu.



Ukraina bersama dengan Rusia merupakan, salah satu produsen dan pengekspor gandum terbesar dan bahan pangan penting lainnya seperti biji-bijian dan beberapa jenis minyak nabati.

"(Krisis) pangan menyentuh Asia, Eropa dan Afrika. Rusia telah memblokir Laut Hitam. Harga naik. Rusia melanggar hukum internasional," kata Zelenskyy dalam sesi tanya jawab setelah pidatonya.

Rusia 'Berusaha Membuang' Hukum Internasional

Zelenskyy mengatakan, bahwa perang Rusia terhadap Ukraina adalah ancaman bagi sistem hukum internasional di luar dampak pada negaranya.

Diterangkan juga oleh Zelenskyy bahwa Rusia telah memulai 'kampanye disinformasi' dan menuduh bahwa perangnya terhadap Ukraina adalah "seolah-olah sesuatu tentang NATO ... tentang niat Barat untuk entah bagaimana maju di Eropa."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)