Tol Pekanbaru-Dumai Masuki Tahap Evaluasi Laik Fungsi

Rabu, 24 Juni 2020 - 11:30 WIB
loading...
Tol Pekanbaru-Dumai Masuki Tahap Evaluasi Laik Fungsi
Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 km tengah merampungkan proses Uji Laik Fungsi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) tengah mempersiapkan beroperasinya jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 km. Kesiapan tersebut tampak dengan telah dilaksanakannya proses Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilakukan mulai dari seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utama-Dumai).

Adapun sebelumnya, seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 km telah dibuka secara fungsional pada bulan Mei lalu. Senior Executive Vice President Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) Hutama Karya Agung Fajarwanto menyatakan pembangunan ini sesuai dengan arahan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai regulator Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS),

"Jadi selama tiga hari tersebut, kami bersama beberapa stakeholder melakukan rangkaian ULF mulai dari pembukaan, peninjauan ke lapangan, hingga pembahasan atas temuan catatan dari kegiatan ULF ini," ungkap Fajar di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

(Baca Juga: Membangun Infrastruktur di Era New Normal)

Lebih lanjut Fajar menyampaikan bahwa Hutama Karya berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak terhadap pembangunan Tol Permai.

"Berkat usaha terbaik perusahaan untuk terus mendukung terealisasinya pengoperasian JTTS ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km sesuai dengan arahan Kementerian PU, kami telah melaksanakan ULF sebagai bagian dari tahapan operasional jalan tol," tandasnya.

Penyelesaian tol ini juga dapat terealisasi berkat kolaborasi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sebagai kontraktor dan PT Hakaaston (HKA) sebagai penyuplai aspal.

Sebagai informasi, tim ULF Tol Permai terbagi menjadi tiga subtim yakni Sub Tim 2 Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap; Sub Tim 3 Bidang Operasi dan Administrasi; dan Sub Tim 1 Bidang Keselamatan.

Adapun, tol Permai terdiri dari enam seksi yaitu Seksi 1 Pekanbaru-Minas (9,5 km), Seksi 2 Minas-Kandis Selatan (24,1 km), Seksi 3 Kandis Selatan-Kandis Utara (16,9 km), Seksi 4 Kandis Utara-Duri Selatan (26,5 km), Seksi 5 Duri Selatan-Duri Utara (29,54 km), dan Seksi 6 Duri Utara-Dumai (25,05 km).

Tol ini juga akan dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), yang terbagi lima TIP arah Kota Pekanbaru dan lima TIP lainnya arah Kota Dumai. Kesepuluh TIP ini terbagi menjadi dua tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) KM 45.

Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) KM 64, Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) KM 82 dan Seksi 6 (Duri Utara-Dumai) KM 13.

Hingga saat ini, progress pembangunan TIP masih dalam tahap pembebasan lahan dan land clearing. Keseluruhan TIP ini ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional setelah tol permai mulai dioperasionalkan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)