Mendag Zulhas: Butuh Waktu 2 Bulan Ganti Kemasan Minyak Goreng Curah

Jum'at, 17 Juni 2022 - 08:29 WIB
loading...
Mendag Zulhas: Butuh Waktu 2 Bulan Ganti Kemasan Minyak Goreng Curah
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sidak harga sembako di Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis (16/6/2022). FOTO/MPI/Ikhsan PSP
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas merespons terkait keinginan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan meminta menghapus minyak goreng curah. Menurut dia minyak goreng curah tidak sepenuhnya dihapus melainkan diganti dengan kemasan.

"Saya tidak mengatakan dihapus, tapi harus ada yang lebih baik. Kami coba usaha yang lebih bagus, mungkin jalan keluarnya kemasan sederhana. Kemasan sederhana apa bisa menyelesaikan semuanya? Perlu waktu. Mungkin sebulan, dua bulan," kata Mendag Zulhas kepada Wartawan dikutip, Jumat (17/6/2022).



Menurutnya, proses mengganti sebuah kemasan minyak goreng curah butuh waktu dan melalui tahapan tertentu. Kemasan baru diklaim lebih efisien dan memperlancar pendistribusian.

"Kemudian, salah satu kebijakan yang akan diambil adalah mengganti kemasan minyak goreng curah dengan yang baru. Perkiraan ongkos untuk kemasan sederhana adalah Rp500," tambahnya.



Terkait minyak goreng, Mendag Zulhas menegaskan, segera mengambil kebijakan agar harga minyak goreng curah dapat dikemas dengan kemasan sederhana dan terkendali di harga Rp14.000/liter.

Sebelumnya, Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah secara bertahap akan menghapus minyak goreng curah. Nantinya, minyak goreng minimal akan dikemas dengan kemasan sederhana.

Luhut menilai minyak goreng curah kurang higienis, oleh karena itu akan dikurangi di Indonesia. Menurutnya, pengusaha pun mau melakukan penghapusan minyak goreng curah dan masyarakat rata-rata di kota besar sudah jarang menggunakannya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2854 seconds (0.1#10.140)