Dear Pak Mendag Zulhas, Ini Curhatan Pengusaha Pribumi

Jum'at, 17 Juni 2022 - 15:03 WIB
loading...
Dear Pak Mendag Zulhas, Ini Curhatan Pengusaha Pribumi
Pengusaha Pribumi Indonesia memiliki sejumlah harapan kepada Zulkifli Hasan (Zulhas) yang beberapa waktu lalu ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan (Mendag). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengusaha Pribumi Indonesia memiliki sejumlah harapan kepada Zulkifli Hasan (Zulhas) yang beberapa waktu lalu ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan ( Mendag ) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu harapan di antaranya bisa mengendalikan harga bahan pokok.

"Kita pelaku usaha mengharapkan pak Zulhas mampu memastikan berbagai kebutuhan pokok pangan baik untuk masyarakat maupun dunia usaha pada posisi stok yang terjamin dengan stabilisasi harga yang stabil. Secara khusus ketersediaan stok dan harga minyak goreng yang sempat bergejolak," ujar Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (17/6/2022).



Adapun yang lainnya, Sarman menyampaikan, Mendag Zulhas harus mampu mengembalikan tingkat kepercayaan konsumen, serta menjaga psikologi pasar.

Dengan bekal pengalaman leadership yang dimiliki, pengusaha berharap Zulhas mampu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian terkait seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan juga stakeholder lainnya seperti pelaku usaha perkebunan sawit, produsen minyak goreng, eksportir, para agen sampai ke ritel/pedagang.

"Harga pokok pangan yang rentan bergejolak harus dilakukan pengawasan dan pengendalian baik dari sisi stok dan harga seperti daging, gula, telor, cabe, beras termasuk tepung dan lain-lain," beber Sarman.



Sebab kata Sarman, berbagai komoditi pokok pangan ini bukan hanya untuk kebutuhan masyarakat langsung melainkan menjadi bahan baku pelaku usaha UMKM seperti hotel, restoran, café, warung makan dan lain lain. Sehingga ketersediaan atau demand dan supply harus terjaga untuk menghindari gejolak harga.

Di samping soal pangan, para pengusaha juga menginginkan Mendag Zulhas fokus melakukan pembenahan, pengawasan, penindakan, penertiban serta pencabutan izin berbagai perusahaan Pialang Berjangka yang akhir-akhir ini banyak merugikan masyarakat dengan iming iming profit yang tinggi, melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

"Ini harus diseriusi oleh Mendag, sehingga ke depan tidak ada lagi korban praktek investasi bodong yang banyak memakan korban. Pastikan pengelola Perusahaan tersebut ditangkap dan diadili dan mengembalikan kerugian para nasabah,karena mereka memang hanya memikirkan keuntungan sepihak tanpa memikirkan nasib nasabah," pungkasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2385 seconds (0.1#10.140)