Mentan SYL Sebut Jalan Tikus Jadi Tantangan Pencegahan Wabah PMK

Jum'at, 17 Juni 2022 - 17:12 WIB
loading...
Mentan SYL Sebut Jalan Tikus Jadi Tantangan Pencegahan Wabah PMK
Jalan tikus menyulitkan pengawasan lalu lintas hewan ternak. Foto/Ilustrasi/Kemenhub
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan upaya menekan penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku ( PMK ) dilakukan dengan cara pengetatan lalu lintas hewan ternak. Dengan demikian penyebaran PMK bisa diantisipasi.



Menurutnya pengetatan bukan hanya dilakukan pada lalu lintas yang melalui jalur laut, namun juga di jalur darat. Mentan mengakui pengetatan yang dilakukan bukan tanpa tantangan, terlebih jika hewan dilalulintaskan melalui jalur darat.

"Untuk yang di darat kita berharap tentu saja karena banyaknya jalan-jalan tikus ini menjadi tantangan tersendiri," ujar Mentan usai menerima kedatangan vaksin PMK, Jumat (17/6/2022).

Mentan SYL menyampaikan pengendalian PMK tidak cukup hanya melibatkan jajaran di tubuh kementeriannya, namun perlu dukungan semua kalangan, termasuk para peternak itu sendiri.



"Keterlibatan semua pihak termasuk pedagang, peternak, pemerintah di semua jenjang, polisi, TNI, menjadi bagian yang kita harapkan bisa bersama Kementan mengendalikan PMK," kata Mentan.

Seperti diketahui Kementan mengambil langkah-langkah untuk memperketat lalu lintas hewan ternak. Semakin dekatnya momentum perayaan Iduladha juga menjadi tantangan untuk membatasi mobilitas hewan ternak. Sebab pada musim tersebut, lalu lintas hewan ternak terjadi peningkatan. Demand yang kuat menjadi salah satu penyebabnya.

Kementan juga memberikan syarat sebelum hewan ternak dilalulintaskan, salah satunya adalah melewati proses karantina selama 14 hari di balai karantina yang tersebar di beberapa pintu keluar hewan ternak di Indonesia.



"Memang lalu lintas hewan menjadi salah satu sumber terjadinya PMK. Kita berharap perjalanan lalu lintas hewan melalui darat dan laut, itu dilakukan pengetatan," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)