Banyak Untungnya, Wamendag Jerry Dorong Eksportir Manfaatkan 25 Perjanjian Dagang

Selasa, 21 Juni 2022 - 12:30 WIB
loading...
Banyak Untungnya, Wamendag Jerry Dorong Eksportir Manfaatkan 25 Perjanjian Dagang
Wamendag Jerry Sambuaga meminta eksportir manfaatkan perjanjian dagang. Foto/tangkapanlayar
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan per hari ini, Selasa (21/6/2022), Kementerian Perdagangan telah menyelesaikan 25 perjanjian dagang seluruh dunia. Capaian itu menjadi kabar baik di sektor perdagangan Indonesia.

Baca juga: Harkonas 2022 Harus Masifkan Arti Pentingnya Hak dan Kewajiban Konsumen

"Sebanyak 25 perjanjian dagang ini mewakili 5 benua. Pencapaian ini tidak main-main. 5 benua merepresentasikan wilayah, yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar yang memiliki kepentingan agen internasional yang diakui dalam kancah kepentingan global," ujar Jerry Sambuga dalam sosialisasi hasil perundingan perdagangan Internasional Indonesia-Korea CEPA secara virtual.

Lebih lanjut Jerry menerangkan, perundingan perdagangan Internasional Indonesia-Korea bisa dijadikan contoh betapa banyaknya keuntungan bagi negara, termasuk pelaku usaha dalam negeri. Salah satu keuntungan yang ditonjolkan Jerry, yakni mengenai pos tarif.

"Kalau ada pedagang yang mau ekspor barang ke Korea, itu hampir 11.000 pos tarifnya dihilangkan alias nol," kata dia.

Itu artinya, Jerry bilang, efiesiensi dari sisi cost, kepraktisan dari segi bisnis, dan tentunya memberikan manfaat untuk para eksportir Tanah Air. Wamendag Jerry pun mengimbau kepada para ekportir untuk dapat memanfaatkan perjanjian dagang Indonesia dengan negara-negara terpilih secara optimal sebab memberikan keuntungan yang besar untuk bangsa dan negara.

Baca juga: Gaji ke-13 PNS Cair 1 Juli, Ini Info Lengkapnya

"Itu baru satu contoh keuntungan yang saya kasih tahu dari perjanjian dagang antara Indonesia dengan Korea. Masih banyak lagi perjanjian perdagangan kita dengan negara lain. Jadi, manfaatkan," tegasnya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3603 seconds (11.252#12.26)