Didukung Korsel, IKN Nusantara Mulai Dibangun Agustus 2022

Selasa, 21 Juni 2022 - 14:03 WIB
loading...
Didukung Korsel, IKN Nusantara Mulai Dibangun Agustus 2022
IKN Nusantara akan dibangun mulai Agustus 2022. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan kerja sama dengan Korea Selatan membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan infrastruktur dasar pada IKN Nusantara bakal mulai dilakukan setidaknya pada bulan Agustus 2022 mendatang.

"Diprioritaskan juga feasibility study dan basic design untuk jalan akses IKN karena kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN pada Agustus 2022 mendatang," kata Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (21/6/2022).



Assistant Minister for Road, Ministry of Land, Infrastructure and Transport, Korea Selatan Lee Yoon-Sang menyampaikan pihaknya akan melakukan technical Study ke IKN sebelum dilakukan pembangunan pada bulan Agustus mendatang.

"Para direksi dan peneliti kami akan ikut ke lokasi untuk menggali lebih banyak ekspansi kolaborasi antara kedua negara," sambung Lee Yoon-Sang.

Dari kerja sama tersebut setidaknya terdapat tiga hibah untuk mendukung pembangunan infrastruktur dasar di IKN Nusantara yang saat ini sedang dalam proses pipeline. Adapun hibah tersebut adalah terkait FS dan Basic Design Immersed Tunnel Teluk Balikpapan (Jalan Tol Akses IKN), pembentukan Manajemen Konstruksi Digital dan Hijau di Indonesia, dan pembentukan Sistem Informasi Jalan Tol di Indonesia.



Selanjutnya terdapat dua kerja sama hibah antara Indonesia dan Korea Selatan yang saat ini sedang berlangsung, yaitu Manajemen Terpadu untuk Structural Health Monitoring System (SHMS) untuk jembatan nasional di Indonesia. Selain itu juga dilakukan penyusunan Master Plan dan Pilot System Intelligent Transport Systems (ITS) untuk Area Metropolitan Jakarta.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)