3 Alasan Pentingnya Dana Darurat Bagi Anda si Generasi Sandwich

Rabu, 22 Juni 2022 - 10:26 WIB
loading...
3 Alasan Pentingnya Dana Darurat Bagi Anda si Generasi Sandwich
MotionBanking bersama dengan PT POS Indonesia berupaya meningkatkan literasi keuangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berada di usia 20-an dan menjadi generasi sandwich mungkin merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh beberapa anak muda. Secara sederhana, generasi sandwich dapat diartikan sebagai kondisi saat seseorang harus menanggung kehidupan dan finansial generasi di atasnya atau orang tua, diri mereka sendiri, serta generasi di bawahnya yaitu anak. Memegang tanggung jawab untuk menghidupi 3 generasi sekaligus nyatanya memang memerlukan strategi khusus dalam mengelola finansial.



Adanya keperluan untuk menanggung kehidupan dari 3 generasi, sudah pasti hal terkait finansial yang perlu dilakukan oleh generasi sandwich adalah dengan memiliki dana darurat . Sebagai generasi sandwich harus siap dan siaga dengan untuk menghadapi berbagai kondisi terutama dari segi kondisi darurat terkait finansial. Berikut 3 alasan pentingnya memiliki dana darurat:

1. Untuk biaya mendesak
Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja tanpa diprediksi sebelumnya. Dengan memiliki dana darurat, Anda bisa segera membiayai kebutuhan tersebut tanpa perlu merogoh tabungan Anda, karena sudah memisahkan alokasi untuk dana darurat.

2. Untuk mencegah utang
Kebutuhan mendesak yang tidak diprediksi sebelumnya sering kali mengakibatkan kebiasan berutang. Namun, jika sudah mengalokasikan dana darurat, maka dana tersebut dapat digunakan untuk menambal kebutuhan mendesak tanpa perlu berutang.



3. Untuk mencegah perilaku konsumtif
Jika memiliki orientasi untuk menabung dana darurat, maka Anda akan fokus mengalokasikan sejumlah untuk dialihkan ke tabungan dana darurat, alih-alih membelanjakannya untuk barang ataupun jasa yang tidak diperlukan.

Kebutuhan finansial yang mendesak memang sering kali terjadi dan mengakibatkan neraca keuangan yang tidak stabil. Maka, sudah pasti penting bagi Anda, terutama para generasi sandwich yang perlu menanggung kebutuhan finansial dari 3 generasi sekaligus, untuk menyiapkan dana darurat.

Selain menyiapkan dana darurat, terdapat beberapa strategi finansial lainnya yang perlu Anda siapkan serta kesalahan finansial yang perlu Anda hindari. Untuk membantu meningkatkan literasi keuangan dari para generasi muda, MotionBanking bersama dengan PT POS Indonesia mengadakan podcast dengan tajuk 4 Kesalahan Finansial di Usia 20-an.

Narasumber podcast Bismo Ariobowo sebagai Public Relation Manager dari PT POS Indonesia dan Maria Rosalina Ekaputri sebagai Head of Marcom & Partnership dari MotionBanking, diharapkan para pendengar dari podcast ini dapat meningkatkan awareness serta membantu generasi muda untuk menciptakan kondisi finansial yang sehat.

Selain mendapatkan banyak pengetahuan baru, dengan mengikuti podcast ini, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah giveaway berupa 2 buah smartphone untuk 2 orang pemenang. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di Youtube channel MotionBanking dan PosIndonesia TheStory atau klik link berikut bit.ly/GiveawayMBPOS .

Segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti podcast menarik dan menguntungkan dari kolaborasi MotionBanking dan PT POS Indonesia ini! Siapa tahu Anda menjadi pemenang beruntung yang bisa memenangkan smartphone dan juga menambah pengetahuan terkait literasi keuangan Anda.

Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id , menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, e-mail di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5219 seconds (0.1#10.140)