Mentan SYL Sebut Sektor Pertanian Mampu Kendalikan Inflasi

Rabu, 22 Juni 2022 - 15:32 WIB
loading...
Mentan SYL Sebut Sektor Pertanian Mampu Kendalikan Inflasi
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan sektor pertanian mampu menjaga inflasi rata-rata 3% di tengah gejolak global. Ketersediaan dan ketahanan pangan adalah salah satu penopang inflasi sehingga terkendali.

"Alhamdulillah inflasi Indonesia 3,2% di samping sebagai negara yang paling sukses mengendalikan pandemi," ujar Mentan SYL di acara peringatan Hari Krida Pertanian, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: CEO Deutsche Bank: Inflasi Adalah Racun Terbesar Bagi Ekonomi Global

Menurut dia inflasi di berbagai negara meningkat tajam, di mana Turki berada di angka 62%, Jepang di atas 4% dan Amerika Serikat 8,2%. Sementara di Indonesia masih relatif terjaga tergolong masih rendah dibandingkan negara lain.

Tantangan sektor pertanian ke depan ialah bagaimana menghadapi perubahan iklim. Hal tersebut dikhawatirkan memengaruhi siklus tanam maupun panen. Sebab itu, perlu ada kepekaan untuk menghadapi krisis.

Baca Juga: 17 Negara Stop Ekspor Pangan, Indonesia Waspada!

Mentan mengatakan bahwa sektor pertanian ke depan harus lebih meningkatkan produktivitas. Bukan hanya sekedar memenuhi ketersediaan pangan dalam negeri namun juga bisa jadi negara ekspor. "Kita penuhi kebutuhan nasional, tentu saja ini menjadi peluang ekspor ke negara lain," jelasnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1662 seconds (11.252#12.26)