Kiat Menggaet Minat Konsumen Beli Produk UMKM Lokal di Era Digital

Kamis, 23 Juni 2022 - 22:12 WIB
loading...
Kiat Menggaet Minat Konsumen Beli Produk UMKM Lokal di Era Digital
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya yang baru merintis usahanya kerap dihadapkan paa kesulitan menarik konsumen dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Di era digital ini, salah satu strategi pemasaran yang ‘wajib’ dilakukan adalah dengan memanfaatkan internet dan media sosial, termasuk juga platform lokapasar atau e-commerce.

Jika sudah terjun di platform belanja daring atau online, maka sebaiknya juga dilengkapi dengan menyediakan metode pembayaran yang mudah dan terpercaya bagi konsumen dalam bertransaksi.

Berdasarkan Laporan Statistik E-Commerce 2021 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), transfer bank adalah salah satu metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh pelaku e-commerce atau bisnis digital.

Sehubungan dengan itu, ShopeePay menggandeng dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Hilda Fachrizah dan Co-Founder & Creative Director merek sepatu lokal PVRA Kara Nugroho untuk membagikan tips efektif bagi para pelaku bisnis untuk menarik minat konsumen.

Hilda Fachrizah yang merupakan dosen Perilaku Ekonomi dan Riset Terapan di FEB UI mengatakan, pelaku UMKM membutuhkan dukungan dari banyak pihak agar bisnisnya terus berkembang dan berkelanjutan.

Dia pun mengimbau para pelaku bisnis untuk cermat memanfaatkan metode pembayaran yang efektif guna mendukung pertumbuhan bisnis mereka. Selain itu, diperlukan edukasi pelanggan tentang manfaat berbagai layanan untuk meningkatkan produktivitas mereka.

“Mengingat pelaku UMKM yang beroperasi di ranah digital cenderung masih mengandalkan transfer bank untuk melakukan transaksi dengan pelanggan mereka, dibutuhkan sarana atau layanan yang mudah, terpercaya, dan dapat mendorong minat pelanggan untuk bertransaksi,yang pada akhirnya akan meningkatkan transaksi pelanggan dan membawa keuntungan bagi pelaku UMKM,” kata Hilda, dikutip Kamis (23/6/2022).



Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam mendukung UMKM lokal semakin bertumbuh dan berdaya di era digital sekaligus untuk menghadirkan kenyamanan dan keuntungan bagi konsumen dalam bertransaksi, ShopeePay menawarkan fitur dan layanan Transfer Ke Mana Pun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)