PNM Konsisten Bantu Jutaan Nasabah Perempuan Lebih Sejahtera

Jum'at, 24 Juni 2022 - 17:07 WIB
loading...
PNM Konsisten Bantu Jutaan Nasabah Perempuan Lebih Sejahtera
Pengenalan Izin Usaha dan Penjualan via Aplikasi bagi 350 nasabah ultra mikro PNM, yang berlangsung di Max One Hotel Makassar, Jumat (24/6/2022). Foto/Tim SINDOnews
A A A
MAKASSAR - PT Permodalan Nasional Madani ( PNM ) berkomitmen membantu perempuan pelaku usaha ultra mikro untuk lebih berdaya dan sejahtera. Hal itu tercermin dari jutaan perempuan yang telah merasakan manfaat dari program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera).

Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PNM, Dicky Fajrian mengungkapkan, secara nasional, lebih dari 11,97 juta nasabah PNM telah mendapatkan bantuan modal dengan total outstanding mencapai Rp130,75 triliun hingga 23 Juni 2022.

"Nasabah PNM lebih dari 11,97 juta orang dengan nilai outstanding mencapai Rp130,75 triliun sampai 23 Juni 2022," sebut Dicky, Jumat (24/6/2022).



Tak sekadar modal finansial berupa pembiayaan, PNM juga konsisten memberikan modal intelektual berupa pendampingan dan program pemberdayaan melalui pelatihan, knowledge sharing, berbagi informasi, hingga mendatangkan ahli dari kalangan akademisi dan praktisi untuk memberikan pelatihan.

Salah satu kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh PNM adalah Pengenalan Izin Usaha dan Penjualan via Aplikasi bagi 350 nasabah, yang berlangsung di Max One Hotel Makassar, Jumat (24/6/2022). Pelatihan ini merupakan program pemberdayaan yang dirancang melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Pada kegiatan itu, ada 350 nasabah yang mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan 100 nasabah yang didaftarkan dalam aplikasi Grab. Agenda itu merupakan program kolaborasi antara PNM, Pegadaian dan Bank BRI.

Komitmen PNM dalam memberdayakan pelaku usaha ultra mikro juga mendapatkan penghargaan 'Merdeka Award', karena tidak sekadar memberikan modal tapi juga pendampingan secara berkelanjutan.

Pemimpin Cabang PT PNM Makassar, Maimun Bakri menambahkan, khusus di Kantor Wilayah Makassar yang meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Papua, kecuali Luwu Raya, jumlah nasabah PNM mencapai 378 ribu dengan nilai outstanding sebesar Rp1,3 triliun.

Khusus tahun ini, PNM menargetkan bisa meningkatkan jumlah nasabah menjadi 400 ribu orang dengan nilai outstanding sebesar Rp1,5 triliun.

"Harapan kami tahun ini target bisa dipenuhi, 90 persen dari target sudah tercapai dan potensi masyarakat sangat baik, dan NPL (Non Perfoarming Loan) di bawah 1 persen," urai Maimun.



Lanjut dia, secara rinci, sektor usaha yang paling banyak mendapatkan bantuan modal dari PNM di Kantor Wilayah Makassar adalah perdagangan, yaitu mencapai 80 persen. Disusul sektor jasa, industri, lalu pertanian.

Dari sisi usia, milenial juga banyak mendapatkan bantuan modal dari PNM. Rincinnya, kategori usia 27-30 tahun ada 11 persen dari total nasabah, lalu kategori usia 22-26 tahun sebanyak 9 persen, serta 17-21 tahun hampir 4 persen.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)