Moskow Konfirmasi Partisipasi Putin dalam KTT G20 di Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 23:08 WIB
loading...
Moskow Konfirmasi Partisipasi Putin dalam KTT G20 di Indonesia
Presiden Rusia, Vladimir Putin telah menerima undangan Indonesia untuk mengambil bagian dalam pertemuan puncak G20. Foto/Dok Kantor Berita TASS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin telah menerima undangan Indonesia untuk mengambil bagian dalam pertemuan puncak G20 , tetapi rinciannya sedang diselesaikan. Konfirmasi kedatangan Putin dalam KTT G20 ke Indonesia, disampaikan oleh ajudan presiden Yury Ushakov kepada media pada hari Senin.

"Ya, kami telah mengkonfirmasi. Partisipasi kami sudah ditetapkan," ujarnya seperti dikutip dari kantor berita TASS, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Mengenal Vladimir Spiridonovich Putin, Ayah dari Presiden Rusia Vladimir Putin

Namun pada saat yang sama, dia tidak yakin apakah Putin akan menghadiri pertemuan itu secara langsung atau berpartisipasi melalui tautan video.

"Entahlah. Untuk saat ini, mereka telah mengundang untuk berpartisipasi secara pribadi, tetapi ada banyak waktu tersisa. Saya berharap situasi pandemi akan memungkinkan untuk mengadakan forum penting ini secara langsung. Saya ingin menghindari menebak-nebak," katanya.

Beberapa negara, kata dia, tetap melakukan pertemuan secara tertutup dalam konteks pandemi. "Kami telah menerima undangan resmi, ini sangat penting mengingat tekanan selama ini dan masih dihadapi oleh bangsa Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Sebut Putin Bakal Hadiri KTT G20 di Bali

Ushakov menekankan, bahwa isu ini akan menjadi agenda kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Moskow pada 30 Juni mendatang. "Kami berterima kasih atas undangannya dan mengatakan bahwa kami tertarik untuk berpartisipasi. Ada banyak waktu tersisa. Kita akan lihat," pungkas Ushakov.

Ia bercerita bahwa Jokowi telah mengundang Putin untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022, mendatang.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2136 seconds (11.252#12.26)