RAPP raih dua sertifikasi industri hijau

Kamis, 28 November 2013 - 10:34 WIB
RAPP raih dua sertifikasi industri hijau
RAPP raih dua sertifikasi industri hijau
A A A
Sindonews.com - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memperoleh dua sertifikasi untuk pengolahan bahan baku kertas. Ini karena perusahaan yang berapliasi dengan PT APRIL ini mengantongi sertifikat PHPL (Pengelolaan Hutan Produksi Lestari) dan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dan bagi hutan tanaman yang dikelolanya sejak 2010.

Dua sertifikasi yang merupakan penghargaan dalam pengolahan industri hijau ini diberikan oleh Kementerian Kehutanan ke PT RAPP.

"Dengan adanya dua sertifikat, ini membuktikan kayu yang bersumber dari hutan tanaman yg dikelola RAPP bukan hanya sah atau legal, namun kayu ini juga berasal dari hutan tanaman yang dikelola secara lestari," jelas Kusnan, Kamis (28/11/2013).

Kusnan menambahkan, penghargaan Industri Hijau 2013 dari pemerintah akan semakin meneguhkan posisi RAPP sebagai perusahaan dengan proses produksi efisien.

"RAPP juga telah mengikuti prosedur baku yang diwajibkan dalam peraturan termasuk audit energi, penerapan teknologi proses, produk, pengelolaan limbah dan emisi, pengelolaan lingkungan, dan sertifikasi," imbuhnya.

Hal ini diwujudkan dengan RAPP berinvestasi USD2,3 juta untuk pembangunan pabrik Bio Methanol untuk mendukung pengelolaan energi bersih.

Menurutnya, manajemen memiliki komitmen untuk selalu menerapkan pengelolaan hutan berkelanjutan. "Saat ini, RAPP memiliki berbagai sertifikasi untuk pulp dan kertas di antaranya Timber Origin and Legality (OLB), SVLK, COC, Ekolabel, Hong Kong Green Label Scheme, ISO 9001, ISO 14001, OHSAS dan SNI untuk kertas cetak A dan kertas multiguna," kata Kusnan.

PT RAPP sendiri beroperasi di Riau dalam pengolahan Hutan Tanaman Industri (HTI). Perusahaan yang berapiliasi dengan Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) merupakan salah satu perusahaan terbesar di Asia dalam pengolahan industri kertas dan pulp serta turunannya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5492 seconds (0.1#10.140)