4 Harta Karun Indonesia yang Tak Lama Lagi Bakal Ludes

Rabu, 29 Juni 2022 - 10:37 WIB
loading...
4 Harta Karun Indonesia yang Tak Lama Lagi Bakal Ludes
Nikel menjadi salah satu bahan tambang atau harta karun yang bakal habis dalam jangka pendek. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Indonesia kaya akan bahan tambang atau harta karun . Bahkan, untuk nikel Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan harta karun paling besar di dunia itu. Sekitar 37,04% cadangan nikel dunia berada di Indonesia. Cadangan nikel terbukti Indonesia sendiri mencapai 1,08 miliar ton. Namun pelan tapi pasti, harta karun nikel Indonesia akan habis tak sampai satu dekade.



Tak cuma nikel. Sejumlah bahan tambang Indonesia juga akan habis dalam waktu pendek. Pasalnya, produksi yang dihasilkan sejumlah harta karun itu dilakukan secara besar-besaran, sementara cadangan terbukti sulit untuk kembali ditemukan.

Berikut beberapa harta karun Indonesia yang akan habis dalam jangka pendek.

1. Nikel
Tahun 2020 Kementerian ESDM memperkirakan cadangan nikel Indonesia akan habis dalam jangka waktu sembilan tahun ke depan, tepatnya tahun 2029. Nah kini waktu itu sudah berkurang menjadi 7 tahun. Tetapi jika cadangan terkira sebanyak 4,5 miliar ton menjadi cadangan terbukti maka harta karun nikel Indonesia akan habis 37 tahun lagi. Indonesia sejak beberapa tahun lampau terus meningkatkan produksi nikel olahannya. Tahun lalu produksi olahan nikel Indonesia mencapai 2,47 juta ton.



2. Batu bara
Indonesia merupakan negara ketiga sebagai penghasil batu bara terbesar di dunia. Produksi batu bara Indonesia tahun 2020 mencapai 562,5 juta ton. Nah di tahun 2021 produksi batu bara Indonesia sebanyak 606,2 juta ton. Berdasarkan Statistical Review of World Energy cadangan terbukti batu bara Indonesia hanya sebanyak 34,8 miliar ton. Kementerian ESDM pernah memperkirakan bahwa cadangan batu bara Indonesia akan habis dalam waktu 20 tahun ke depan.

3. Emas
Tahun 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan cadangan emas Indonesia akan habis dalam kurun 28 tahun atau tepatnya pada 2047. Perkiraan itu jika level produksi tak dipangkas dan tak ada penemuan cadangan baru. Berdasarkan data Kementerian ESDM, cadangan emas domestik tercatat sebesar 1.132 ton Au. Tahun lalu, produksi tambang emas Indonesia mencapai 40 ton Au.



4. Timah
Selain 3 bahan tambang di atas , cadangan logam mineral yang diperkirakan akan habis dalam kurang dari tiga dekade ke depan adalah timah. Menurut Kementerian ESDM cadangan timah saat ini 1,5 juta ton Sn dengan produksi tahun 2021 sebesar 34 ribu ton Sn. Cadangan ini diperkirakan akan habis dalam 21 tahun ke depan.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)